Rabu, 20 Januari 2016

Ketua Dekranas Pusat Mengunjungi Candi Muarojambi

JAMBI, ayojambi.com – Kunjungan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Pusat, Nyonya Velly Elvira Yuddy Chrisnandi yang tidak lain adalah istri dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) menyempatkan diri mengunjungi komplek Candi Purbakala di Desa Muaro Jambi Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muarojambi [Lihat Gambar: Ketua Dekranas Pusat Mengunjungi Candi Muarojambi].
Kunjungan Velly Elvira Yuddy Chrisnandi beserta rombongan disambut oleh Hidayat (蔡邦勝) Pendiri The Society of Muaro Jambi Temple (The SOMT) di Gedung Musium Candi Muarojambi dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Drs. H. Edi Erison.

Salah satu agenda kunjungan Ketua Dekranas Pusat melihat langsung situs terluas di Indonesia, selain itu Ibu Velly Elvira melepaskan burung dan ikan patin kealam bebas.

Situs Purbakala Muarao Jambi berisi 61 candi yang sebagian besar masih berupa gundukan tanah (menapo). Situs ini diduga dulunya merupakan kompleks percandian agama Hindhu - Budha Mahayana. Kemungkinan besar merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu.

Ada 9 candi yang sudah berhasil direkonstruksi antara lain : Candi Kuto Mahligai, Candi Kedaton, Candi Gedong I, Candi Gedong II, Candi Gumpung, Candi Tinggi, Candi Telago Rajo, Candi Kembar Batu, dan Candi Astomo. Selain candi besar, juga terdapat beberapa candi kecil yang bertebaran di sepanjang lokasi tersebut.

Rombongan yang mendampingi Ibu Velly Elvira dari pusat adalah Amelia Day (Anggota Bidang Kreatif ), Ikhwan Asrin ( Sekretaris Jenderal ), serta Ratu Munawaroh Istri mantan Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin (Romy)
* www.ayojambi.com/