Senin, 29 November 2010

Pernah Jadi Salah Satu Pusat Pembelajaran Agama Buddha

JAMBI- Candi Muaro Jambi menyimpan sejarah yang sangat penting, tidak hanya bagi bangsa Indonesia, tetapi juga bagi umat Buddha. Ini karena situs candi Muarojambi dipercaya pernah dijadikan sebagai salah satu pusat pembelajaran agama Buddha.
Bahkan, berdasarkan catatan sejarah, para Bhikkhu dari beberapa Negara di dunia sengaja datang ke candi Muarojambi untuk belajar dan memperdalam ajaran agama Buddha.

Bahkan candi Muarojambi kelap digunakan oleh umat Buddha dari Vihara Sakyakirti untuk memperingati Tri Suci.

Tak jarang, candi Muarojambi dikunjungi para Bhikkhu/ Bhikkhuni dari daerah lain bahkan dari luar negeri sengaja datang untuk mengunjungi situs candi Muarojambi. Seperti baru-baru Bhikkhu dari Jerman yang sengaja datang karena tertarik atas banyaknya informasi yang dibacanya dari internet mengenai candi Muarojambi beberapa waktu yang lalu. Mereka yang datangpun tidak hanya berkeliling dan melihat kondisi candi, tetapi juga melakukan sembahyang.

Hal yang sama juga dilakukan oleh pihak Vihara Jayamanggala saat melalukan pelatihan Pabajja Samanera dan Atthasilani beberapa bulan yang lalu. Para pesertapun sengaja datang ke kawasan candi muaro Jambi untuk melakukan sembahyang dan pengenalan sejarah dengan lebih mendalam.
Mereka melakukan pradaksina yaitu mengeliling salah satu candi sebanyak satu hingga tiga kali sambil membaca doa. Pradaksina merupakan kegiatan mengelilingi benda yang dianggap suci. Maka, tidak sedikit umat Buddha yang menjadikan candi sebagai tempat untuk bersembahyang dan menghormati situs sejarah. (tim)