Rabu, 26 Januari 2011

Uni Melahirkan Anak Kembar

JAMBI – Ternyata hasil perkawinan antara Peter dengan Uni membuahkan hasil, bahkan mereka kini telah menambah koleksi kebun binatang Taman Rimbo Jambi.
Koleksi satwa di kebun binatang kini bertambah lagi, dengan lahirnya empat ekor anak Harimau Sumatera dari hasil perkawinan Peter (5) dan Uni (7).

Namun sayang, dari empat ekor anak Harimau yang dilahirkan, satu diantaranya harus meninggal dunia karena mengalami cacat fisik.

Saat ini, ketiga ekor anak Harimau yang masih bertahan hidup dan masih dalam perawatan sang induknya, sementara sang jantan (Peter) saat ini memang sengaja dipisahkan kandangnya.

Belum diketahui jenis kelamin dari anak-anak Harimau yang baru lahir ini, karena induk Harimau belum mau meninggalkan anak-anaknya.

Namun ketiga anak harimau yang baru dilahirkan ini tampak sehat dan diperkirakan memiliki bobot tubuh kurang lebih satu kilogram dengan panjang 25 centimeter.

Dengan lahirnya tiga anak Harimau Sumatera ini, kebun binatang Taman Rimbo Jambi memecahkan rekor se sumatera, karena untuk kali pertama berhasil menangkarkan Harimau Sumatera secara mandiri.

Menurut kepala kebun binatang Taman Rimbo Jambi, Adrianis “Pagi hari (26/1) Uni telah melahirkan anaknya sebanyak empat ekor, namun sayang yang satunya meninggal,” untuk menjaga agar anak-anak harimau mampu bertahan hidup pihak kebun binatang Taman Rimbo dan dinas Peternakan Provinsi Jambi memberikan susu tambahan kepada anak-anak harimau tersebut.

Selain pemberian susu ekstra, juga segera disiapkan kandang tidur bagi anak harimau yang baru lahir ini. Kandang tersebut rencananya ditempatkan di dekat kandang harimau yang ada sekarang.

Harimau sumatera Uni dan Peter didatangkan dari kebun binatang Ragunan Jakarta pada 7 Januari 2009 untuk mengisi kekosongan koleksi harimau sumatera yang hilang dicuri dan mati di kebun binatang ini.

Dengan hadirnya tiga penghuni baru kebun binatang Taman Rimbo diharapkan akan menambah daya tarik wisatawan. (nug)