Sabtu, 02 April 2011

Gubernur Paparkan Visi Jambi Emas Didepan Wapres

JAMBI - Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus memaparkan visi dan misi "Jambi Emas 2015" langsung didepan Wakil Presiden Boediono saat pembukaan Jambi Expo 2011.
Gubernur memaparkan, Jambi Expo 2011 merupakan salah satu program dalam rangka mewujudkan Jambi ekonomi maju, aman adil dan sejahtera atau biasa disebut "Jambi Emas" 2015.

"Jambi merupakan salah satu daerah strategis yang masuk dalam jalur kuat ekonomi di Sumatra," ujarnya.

Menurut dia, dalam Jambi Expo 2011 tidak hanya diikuti oleh perusahaan-perusahaan di kawasan Jambi, namun juga beberapa provinsi tetangga seperti Sumatra Selatan, Riau, Sumatra Barat, Lampung, Bangka dan sekitarnya.

Dengan penyelenggaraan Jambi Expo 2011 diharapkan bisa lebih memperkenalkan kekayaan daerah Sumatra dan Jambi pada khususnya kepada dunia luar.

Dijelaskannya, dalam mewujudkan visi dan misi Jambi Emas 2015, Pemprov Jambi akan menempuh lima langkah strategis yang menitikberatkan pada pembangunan ekonomi.

Pertama, pemerataan pembangunan diseluruh kawasan Provinsi Jambi. Menurut Gubernur, salah satu upaya pemerataan pembangunan salah satunya adalah dengan program satu miliar satu kecamatan atau biasa disebut "Samisake".

Kedua, pemerataan sarana infrastruktur untuk mempermudah jalur-jalur distribusi ekonomi sehingga tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat namun juga berimbas pada kepercayaan investor akan infrastruktur daerah.

Ketiga, penyediaan sarana pendidikan mulai dari fasilitas hingga sumber daya manusia (SDM) didalamnya.

Keempat, meningkatkan kesejahteraan petani dengan berbagai program yang diharapkan bisa mempermudah petani dalam mendapatkan akses pendukung pertanian di daerah.

Terakhir adalah, peningkatan SDM aparatur pemerintah mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota. Gubernur menyatakan SDM aparatur dinilai masih kurang sehingga, pelayanan masyarakat juga belum maksimal.

"Sinergi antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat juga tidak bisa dikesampingkan, sehingga cita-cita Indonesia yang maju bisa benar-benar terwujud," tambah gubernur.(ANT)