Rabu, 13 April 2011

Mencari Bibit Rohaniwan

JAMBI - Dalam rangka mencari bibit rohaniawan Khonghucu di Provinsi Jambi, Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) pusat bekerjasama dengan Majelis Agama Khonghucu Indonesia (Makin) Jambi menggelar pelatihan calon Rohaniwan yang dibuka siang tadi (13/4) di Klenteng Hok Sin Tong di RT. 23 Kelurahan Lebak Bandung, Kecamatan Jelutung. Acara yang digelar selama tiga untuk mencari bibit Rohaniwan Khonghucu yang jumlahnya sangat terbatas di Provinsi Jambi.
Menurut Xs. Djaengrana Ongawijaya, Dewan Rohaniwan Matakin yang juga sebagai pembicara bahwa pelatihan ini lebih memfokuskan mencari Rohaniwan yang mampu memimpin doa (upacara) dan memimpin pernikahan. Ini juga salah satu kegiatan Matakin untuk mengembangkan ajaran dan keahlian umat Khonghucu diberbagai daerah di Indonesia dalam memperdalam ajaran Khonghucu. “Kita berharap selama tiga hari ini bisa memberikan pendidikan yang cukup sehingga para peserta bisa langsung kita resmikan sebagai Rohaniwan yang langsung terjun kemasyarakat. Memimpin doa dan upacara,”bebernya saat ditemui setelah acara pembukaan.

Saat pembukaan, turut hadir Drs. Sayuti, Pembinas Agama Khonghucu Kementrian Agama Provinsi Jambi bahwa saat ini, pihaknya sangat mendukung kegiatan yang bernilai positif tersebut. Ini mengingat keterbatasan jumlah ahli atau rohaniwan di Provinsi Jambi. “Tentunya kita sangat mendukung kegiatan ini. Apalagi, selama ini kegiatan yang sama sangat jarang sekali diadakan dan kita berharap dengan adanya kegiatan ini, semakin banyak kegiatan yang dilakukan oleh umat Khonghucu sehingga semakin berkembang dengan baik,”bebernya.

Pada hari pertama, peserta diberikan berbagai materi seperti legalisasi Agama Khonghucu, pengenalan Matakin, Keimanan serta kelengkapan dan tata cara sembahyang yang upacara. Semua pemateri diberikan langsung oleh pihak Matakin Pusat. “Kita juga lengkapi dengan berbagai referensi seperti buku dan majalah yang memang jumlahnya terbatas di Provinsi Jambi ini,”ujarnya.

Dari pantauan dilapangan, peserta terlihat cukup bersemangat mengikuti pelatihan. Sebagian besar peserta adalah pengurus Klenteng di Jambi yang memang selalu terjun langsung dalam setiap upacara dan ritual di beberapa Klenteng di Kota Jambi. “Dengan kehadiran para pengurus Klenteng, mereka bisa langsung mempraktekkan keahlian mereka yang sudah didapat di pelatihan ini,”bebernya.