Rabu, 20 April 2011

Ulat Bulu Mulai Serang Tanjab Barat, Jambi

JAMBI - Serangan ulat bulu ternyata mulai mewabah dan menyerang tanaman warga di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.

Namun serangan hama ini belum dikategorikan mengkhawatirkan, karena cepat ditangani oleh warga yang dibantu petugas pengendali hama setempat.
Serangan pertama ulat bulu di Jambi ini terjadi di Rt 12 Dusun Pasar dan di Rt 25 dusun Kampung, desa Pematang Lumut, kecamatan Betara, kabupaten Tanjab Barat, Provinsi Jambi.

Ulat bulu menyerang tanaman warga seperti pohon mangga yang letaknya banyak menyebar di pekarangan rumah.

Ulat bulu yang diperkirakan berjenis Lymantria Marganita ini berjumlah ribuan dan telah menggerogoti dedaunan yang terdapat di pohon mangga ini.

Bahkan, serangan ulat bulu juga sempat menjalar hingga ke rumah warga sehingga tak jarang ada warga yang terkena ulat bulu yang mengakibatkan gatal-gatal pada kulit.

Sebelum dilakukan penyemprotan Desinfektan oleh petugas warga mengatasinya dengan cara membakar ulat dan memangkas beberapa dahan pohon namun ternyata cara ini belum berhasil mengusir ulat bulu.

Setelah berupaya mengatasi sendiri dan tidak berhasil, warga yang mulai resah akhirnya mendapat bantuan dari dinas terkait dan kini telah melakukan upaya penyemprotan untuk mencegah penyebaran.

Untuk lebih menyakinkan jenis ulat bulu yang menyerang tanaman warga di Jambi, petugas telah mengambil beberapa sampel ulat untuk diteliti lebih lanjut.

Petugas dinas pertanian sendiri telah menghimbau kepada warga sekitar agar segera melaporkan ke petugas bila terdapat serangan ulat bulu agar tidak menyebar ke daerah lainnya. (nug)