Minggu, 18 September 2011

Situs Batu Berrelief Di Desa Muak

KERINCI, Jambi – Salah satu lokasi objek wisata di Kabupaten Kerinci adalah Batu Berrelief atau lebih dikenal dengan Batu berlukis. Batu Berrelief ini tepatnya berada tepat disebelah Kantor Kepala Desa Muak tepat ditengah-tengah permukiman warga desa menjadi salah satu agenda kunjungan tim ekspedisi Fosil Purbakala dari para jurnalis Cina, Taiwan dan Indonesia.
Situs ini terlihat kurang sekali perawatan, hal ini dapat kita lihat disekeliling situs tumbuh semak belukar sehingga dikhawatirkan akan mengalami kerusakan situs bersejarah.

Kira-kira 4 kilometer dari desa ada situs peninggalan megalithik Batu Patah yang telah dipagari sehingga mirip dengan kuburan para tokoh terdahulu, terlihat situs ini seperti batu besar yang sangat panjang, akan tetapi ditengah-tengah batu ini terbelah menjadi dua bahagian sehingga nama Batu Patah pun tak lepas dinobatkan kepada batu ini. di badan batu inipun sangat jelas terlihat ukiran-ukiran yang menyerupai gambar hewan-hewan seperti gajah, kuda, kambing dan juga gambar manusia yang lagi bekerja. Hal ini menandakan bahwa pada zaman itu kehidupan masyarakatnya telah maju dan telah mengenal seni. (Rm)