Rabu, 30 November 2011

Meng Ju Belajar Xiangqi Dari Sang Ayah

JAMBI – Belajar sesuatu yang bermanfaat lebih baik sejak usia dini, karena usia dini memliki daya seraf melebihi orang dewasa. Seperti Lie Meng Ju sejak usia 9 tahun telah belajar main Xiangqi (catur gajah) dari sang ayah.
Lie Meng Ju (14) merupakan salah satu dari sepuluh pemain dunia yang ikut berlaga di dalam Kejuaraan Xiangqi Dunia, Ke-XII yang diselenggarakan Persatuan Xiangqi Indonesia (PEXI) Pusat dari tanggal 20-26 Nopember 2011 di Jakarta.

Bahkan Meng Ju meraih prestasi peringkat ke enam dunia, ini merupakan prestasi yang lumayan bagi seusia Meng Ju.

Kata Meng Ju, tentang belajar Xiangqi, ”Saya belajar Xiangqi dari ayah, pulang dari sekolah Meng Ju makan siang, seusai makan latihan Xiangqi dengan ayah,” kata Meng Ju disamping ibunya yang ikut datang ke Jakarta.

Ditanya tentang ujian sekolah, menurut Meng Ju, dia mendapatkan segala fasilitas dari pemerintah Taiwan, karena Meng Ju mewakili Taiwan mengikuti Kejuaraan Xiangqi Dunia, “Saya bertanding Jakarta atas nama negara Taiwan, maka saya tidak usah ikut ujian, langsung lulus dari Cong Sie (baca SMP ke SMA).

Tambah Meng Ju dihadapan Taiwan TV, “Saya bangga bisa bermain Xiangqi juga berkat dukungan dari Ibu dan mudah-mudahan kedepan saya bisa bermain lebih baik.” Kata Meng Ju dengan berapi-api.

Kata Liu Da Hua, MXI asal China, bagi seseorang pemain Xiangqi, mereka memiliki daya ingat yang kuat, Ujar Liu Da Hua secara singkat. (Romy).