Jumat, 09 Desember 2011

Sudahkah Anda Ke Bukit Perak

MUARO JAMBI – Candi Muarojami merupakan situs terbesar di Asia Tenggara atau dua puluh kali lebih luas dari Candi Borobudur di Jawa Tengah dan dua kali lebih luas dari Kompleks Candi Angkor Wat di Kamboja, tak heran apabila kompleks percandian Candi Muaro Jambi pun disebut sebagai kawasan candi terluas di Asia Tenggara.
Untuk menuju objek wisata di Percandian Muaro Jambi yang terletak di Desa Muaro Jambi, Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muara Jambi. Jaraknya dari ibukota provinsi Jambi sekitar 40 kilometer. Kompleks ini tak jauh dari daerah aliran shttp://www.blogger.com/img/blank.gifungai Batanghari. Untuk sampai kesana, kita bisa menempuh jalur darat maupun jalur sungai.

Kawasan Percandian Muaro Jambi sepanjang 7,5 km itu dipenuhi gugusan percandian dari timur sampai barat, antara lain Komplek Candi Gumpung, Candi Tinggi, Candi Tinggi 1, Candi Astana, Candi Kembar Batu, Candi Gedong 1 dan 2, Candi Kedaton, Candi Koto Mahligai dan Bukit Perak, belum lagi adanya temuan sedikitnya 82 Manapo atau gundukan reruntuhan bangunan danhttp://www.blogger.com/img/blank.gif bagian bangunan pemukiman kuno.

Namun mungkin salah satu lokasi yang yang belum pernah dikunjungi anda, karena akses menuju kesana sebelumnya memang tidak dapat dijangkau oleh kendaraan roda empat. Namun dalam dua hari ini kendaraan roda empat telah bisa menuju ke Bukt Perak yang jaraknya sekitar satu kilometer dari jalan raya. Atas terlaksananya bakti sosial masyarakat setempat, siang tadi (9/12-2011) diadakan doa bersama di bawah Bukit Perak, selanjutanya makan bersama.http://www.blogger.com/img/blank.gif

Pembuatan jalan menuju Bukit Perak atas dukungan salah satu tokoh masyarakat yang enggan disebut namanya, menyatakan “Bagaimana warga mau berkunjungi ke Bukit Perak, jika tidak bisa mebgunakan kendaraan.” Maka dalam dua hari ini beliau meminta warga sekitar Bukit Perak bergotong royong melebarkan jalan.

Bukit Perak atau oleh masyarakat disebut Bukit Sengalo, karena lokasi Bukit Perak terpisah dari candi yang ada, di Bukit Perak kita akan menemukan sebuah gundukan tanah (bukit kecil). Diatas bukit warga bisa melihat pemandangan yang indah, bagi yang hoby berfoto bisa mengunakan latar belakang perkebunan sawit disekeliling bukit. (Romy)