Sabtu, 11 Februari 2012

Asal Usul Fu Xi (伏羲)

Dalam mitologi Cina, Fu Xi atau Fuxi (Cina: 伏羲; pinyin: fu2xi1), pertengahan menjadi 2800 an SM, adalah yang pertama dari Tiga Penguasa mitos (三皇; pinyin: san1huang2) dari Cina kuno. Dia adalah pahlawan budaya terkenal sebagai penemu menulis, memancing perangkap, dan. Fu Xi lahir pada menengah ke bawah jangkauan Sungai Kuning di sebuah tempat bernama Chengji (Lantian mungkin modern, Shaanxi atau Tianshui, Gansu).
Menurut legenda tanah tersapu oleh banjir besar dan hanya Fuxi dan adiknya Nuwa selamat. Para pensiunan untuk Kunlun Gunung di mana mereka berdoa untuk suatu tanda dari Kaisar Langit. Yang ilahi disetujui serikat mereka dan saudara mengatur tentang berprokreasi umat manusia. [1] Fu Xi kemudian datang untuk menguasai decedents, meski laporan dari pemerintahannya yang panjang bervariasi antara sumber dari 115 tahun (2852-2737 SM) sampai 116 tahun ( SM 2952-2836).

Dia tinggal selama 197 tahun sama sekali dan meninggal di sebuah tempat yang bernama Chen (modern Huaiyang, Henan) dimana makam masih dapat ditemukan.

Selama masa pendahulunya Nuwa (yang menurut beberapa sumber juga istri dan / atau adik) adalah masyarakat matriarkal dan primitif. Melahirkan dipandang ajaib yang tidak memerlukan partisipasi laki-laki dan anak-anak hanya tahu ibu mereka. Sebagai proses reproduksi menjadi lebih baik dipahami masyarakat Cina kuno bergerak menuju sistem patriarkal dan Fu Xi dianggap penting.

Fu Hsi mengajar rakyatnya untuk memasak, untuk ikan dengan jaring, dan berburu dengan senjata yang terbuat dari besi. Ia menetapkan perkawinan dan menawarkan pengorbanan udara pertama terbuka ke surga. Sebuah tablet batu, tertanggal 160 CE menunjukkan Fu Hsi dengan Nuwa, yang istri dan adiknya.

Secara tradisional, Fu Hsi dianggap pencetus I Ching (juga dikenal sebagai Jing Yi atau Zhou Yi), dimana pekerjaan dikaitkan dengan bacaannya dari Dia Map (Peta atau Sungai Kuning). Dengan tradisi ini, Fu Hsi memiliki susunan trigram (八卦, pinyin: ba1gua4) dari I Ching diwahyukan kepadanya supranatural. Susunan ini mendahului kompilasi dari I Ching selama dinasti Zhou. Fu Hsi dikatakan telah menemukan pengaturan dalam tanda-tanda pada bagian belakang kuda naga-mitos (kadang-kadang dikatakan sebagai kura-kura) yang muncul dari Luo sungai. Penemuan ini juga dikatakan telah asal kaligrafi.

Fu Hsi juga dikreditkan dengan penemuan Guqin, bersama dengan Shennong dan Huang Di.

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://history.cultural-china.com/en/46H5031H11121.html