Sabtu, 04 Februari 2012

Tiga Makin Akan Meriahkan Pawai Cap Go Meh di Jambi

JAMBI, Makinjambi.com – Tiga Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Kota Jambi akan meriahkan Malam Perayaan Cap Go Meh yang akan digelar besok (6/2/2012), selain pertunjukan barongsai dan liong dalam Festival Cap Go Meh di Jalan Koni IV, Kelurahan Talangjauh, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi.
Tahun ini diperkirakan pengunjung yang ingin menyaksikan Festival Cap Go Meh akan mencapai ribuan orang, masyarakat akan datang untuk melihat langsung di pawai.

Sebelum perayaan Cap Go Meh yang akan digelar Tiga Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Kota Jambi, pagi tadi bertempat di Hok Kheng Tong diadakan sembahyang dihadapan altar Tie Kong (Tuhan), upacara tersebut dipimpin Lim Tek Chong Taoshe dari China.

Menurut penuturan pengurus Makin Klenteng Hok Kheng Tong, Berlianta Eliamsya (Lie Chin Hai), setiap tahun sebelum perayaan malam Cap Go Meh, Klenteng Hok Kheng Tong senantiasa melakukan sembahyang dihadapan Tie Kong (Tuhan) dengan membaca So Bun (baca pemberitahuan) kepada Tio Kong sekaligus mengundang kehadiran para roh suci Shen Ming.

Seusai itu, para pengurus mempersiapkan berbagai perlengkapan untuk perayaan Cap Go Meh esok (6/2), selain itu di Makin Sai Che Tien dan Makin Leng Chun Keng juga telah mempersiapkan berbagau keperluan perayaan.

Besok sore masing-masing klenteng, diantaranya pemindahan Kim Sin (patung roh suci) dinaikan ke kursi tandu (joli). Selain itu ada tradisi tang ki tolak bala (tatung), serta parade lampion, arak-arakan umbul-umbul dari masing Makin dengan rute Koni IV melintasi Jalan Pangeran Diponegoro-Koni I-Klenteng Cheng Hong Lao dan kembali ke klenteng Hok Kheng Tong (pusat perayaan cap go meh).

Pada hari Senin malam cap go meh. Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus dan Wali Kota Jambi, dr. Bambang Prijanto, Korem 042/ Gapu, Kapolda Jambi, serta para undangan dan pengusaha direncanakan hadir dalam acara ini.

Menurut jadwal acara besok, sekitar pukul 17.00 peserta festival mendatangi Makin Hok Kheng Tong diiringi tandu (joki) roh suci shen ming dan kitong yang telah dirasuki roh shen ming dari masing-masing klenteng. Setelah karvanal dimulai, masyarakat akan dihibur oleh 2 biduanita dari Batam (Riau).

Acara Cap Go Me, juga akan di hadiri Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus, Wakil Gubernur Jambi, Danrem 042/ Gapu, Kapolda Jambi, Walikota Jambi dan Wakil Walikota Jambi serta undangan lainnya. (Romy).