Sabtu, 05 Mei 2012

Pradaksina Keliling Vihara Sakyakirti Jambi

JAMBI - Sekitar ratusan umat Buddhis Jambi melakukan "Pradaksina" yang di pimpin oleh Y.M. Bhiksu Bhadra Mitra dan Y.M. Bhiksu Jayagiri merayakan hari suci Waisak 2556/BE. "Pradaksina" yang memiliki arti merenungi napak tilas Sang Buddha Gautama dalam mencapai Nirwana di Vihara Sakyakirti, Jalan Pengeran Diponegoro No. 60, Kelurahan Sulanjana, Kecamatan  Jambi Timur Kota Jambi, Sabtu (5/5). Detik-detik perayaan Waisak jatuh pada hari Minggu (6/5-2012) pukul 10:34:49 WIB. di rayakan oleh umat buddhis di seluruh dunia dan Indonesia dengan hikmat dan memiliki pesan keharmonisan dan perdamaian bagi seluruh bangsa.

Bertempat di halamat olahraga SD Sariputra Jambi ratusan umat buddhis terdiri dari oma-oma hingga anak-anak merayakan Tri Suci Waisak 2556/BE (Buddhis Era/ tahun Buddhis) yaitu, Kelahiran Pangeran Siddharta Gotama pada tahun 623 SM di Taman Lumbini, Pangeran Siddharta mendapat Penerangan Sempurna menjadi Buddha pada tahun 588 SM di Hutan Gaya dan Buddha Gotama mencapai Parinibbana (wafat) pada tahun 543 SM di Kusinara.

Dengan penuh khidmat dan konsentrasi ratusan umat buddhis berbaris sambil memegang gaharu (hio) dan lilin mengikuti Y.M. Bhiksu Bhadra Mitra dan Y.M. Bhiksu Jayagiri dari belakang mengelilingi vihara Sakyakirti. (Romy)