Jumat, 15 Februari 2013

Kunjungan Barongsai Ke Toko dan Rumah, Bukan Dari Barongsai Jambi

Jambi – Beberapa hari lalu, ada serombongan Barongsai melakukan atraksi dari toko ke toko serta mendatangi rumah-rumah warga Tionghoa dikawasan pasar Jambi, dengan atraksi di didepan toko/ rumah, lalu mereka menanti pemilik toko/ rumah memberikan imbalan angpao.
Kehadiran Barongsai dari luar daerah ke Jambi telah menjadi sorotan negatif dari berbagai lapisan masyarakat kota Jambi, “masa dari luar daerah main Barongsai ke Jambi,” apa benar rombongan Barongsai tersebut benar-benar dari sebuah perkumpulan Barongsai atau hanya bermodalkan kostum Barongsai dan perangkat musik lalu keliling daerah.? Ini tentu merusak nama baik Barongsai, seolah-olah perkumpulan Barongsai mencari angpao, pada hal kehadiran Barongsai ke rumah-rumah atas dasar diundang untuk meramaikan imlek dan agar Barongsai dapat mengusir hawa jahat.

Menurut Wakil Ketua I Matakin Kota Jambi, Huwanda Desswandhy selaku koordinator Perkumpulan Hok Liong Sai mengatakan, bahwa perkumpulan Hok Liong Sai tidak pernah lakukan atraksi dari toko ke toko maupun dari rumah ke rumah seusai imlek, “Hok Liong Sai mengujungi romah-rumah warga setiap tanggal 1 imlek” selain Tahun Baru Imlek Hok Liong Sai tampil berdasarkan undangan dalam peresmian kantor, pernikahan dan menyambut hari besar keagamaan d kelenteng-kelenteng.

Tambah Huwanda Desswandhy, di Kota Jambi hanya ada dua perkumpulan Barongsai, yang satu di koordinir oleh YKS Jambi, sedangkan Hok Liong Sai gabungan dari tiga kelenteng di Kota Jambi, yaitu, Makin Kelenteng Hok Kheng Tong, Makin Kelenteng Leng (baca LIONG) Chun Keng dan Makin Kelenteng Sai Che Tien. Kata Huwanda. (Romy)
www.ayojambi.com