Minggu, 24 Februari 2013

Yang Menarik Dari Malam Cap Go Me

 JAMBI, ayojambi.com – Malam Cap Go Me/ malam tanggal 15 imlek merupakan berakhirnya perayaan Tahun Baru Imlek, pada malam tersebut maupun sehari sebelum diberbagai daerah di tanah air pada adakan acara malam Cap Go Me. Ada karnaval lampion, umbul-umbul, arak-arakan kim sin para roh suci (shen ming), atraksi barongsai, liong dan yang tidak kalah seru adalah atraksi menyiksa diri dari para tatung/ kitong dengan benda tajam.
Perayaan malam Cap Go Me setiap tahun di Jambi dipusatkan dikawasan Koni, pada malam itu ribuan warga masyarakat Jambi tumpah ruah baik di beberapa kelenteng yang adalah karnaval maupun menyaksikan dari jalan-jalan yang dilalui rombongan karnaval.

Cap Go Me menjadi pusat perhatian warga masyarakat Kota Jambi, pasalnya pusat kegiatan perayaan malam Cap Go Me di Jambi, Minggu (24/2-2013). Arak-arakannya kim sin (patung shen ming) mulai pukul 17.60, setelah berbagai ritual dilakukan di Kelenteng MAKIN Leng Chun Keng dan Kelenteng MAKIN Sai Che Tien, selanjutnya kedua rombongan menuju ke Makin Kelenteng Hok Kheng Tong. Perayaan Cap Go Me ini murni dilaksanakan oleh para penganut kepercayaan Khonghucu Jambi.

Sejak Sabtu, berbagai persiapan kegiatan telah dilakukan oleh masing-masing kelenteng sebagai peserta karnaval, kegiatannya antara lain berupa parade lampion, atraksi barongsai, liong arak-arakan tandu (joli) kim sin (patung dewa), arak-arak Cap Go Me belangsung di sepanjang Jalan Pangeran Diponegoro, Kelurahan Talangjauh, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi, yang jaraknya lebih dari lima kilo.

Atraksi budaya karnaval Cap Go Me dalam perayaan ini, mengarak sejumlah shen ming diantaranya kim sin “Hok Hie Te Sien, Go Hu Tua Lang Kong” dari Kelenteng Makin Sai Che Tien, terus kim sin “Che Liong Kong/Sun Ping Sing He” dari Makin Kelenteng Leng Chun Keng, ada juga partisipasi dari rumah ibadah Lam Tien Tong menurunkan kim sin “Tai Sang Lau Chin, Go Lui, Mau San Co Se” sedangkan kim sin dari Makin Kelenteng Hok Kheng Tong adalah “Cheng Cui Co Se, Kwan Seng Tai Te, Hien Tien Siong Te, Leng Hu Tua Lang.” dan Chi Kong (dewa Mabuk)

Penampilkan pawai barongsay dan liong dari sejumlah kelenteng, arak-arakan tandu/joli para shen ming di malam Cap Go Me diselenggarakan pada hari ke-15 perayaan Imlek itu akan mengitari kawasan Koni di Kelurahan Talangjauh, Kecamatan Jelutung, menuju ke Kelenteng Ceng Hong Lau di Kelurahan Budiman, Kecamatan Jambi Timur, yang jaraknya sekitar lima kilo.

Acara Cap Go Me, di hadiri Anggota DPR RI, Wakil Gubernur Jambi, Danrem 042/ Gapu, Kakanwil Hukum dan Ham Provinsi Jambi, Kejaksaan Tinggi Jambi, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi dan Wakil Walikota Jambi, Dandim 0415?batanghari Jambi, Pengadilan Negeri Jambi, beserta undangan lainnya.(Romy)