Rabu, 10 Juli 2013

Jambi Berjaya Dalam Kejurnas Xiangqi Di Jakarta

JAKARTA - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Xiangqi ke-12 Tahun 2013 resmi dibuka oleh Tahir Ferdian selaku Ketua Umum (Demisioner) Persatuan Xiangqi Indonesia (PEXI) di restoran Raja Kuring, Jakarta, Kamis (4/7) lalu, acara diawali defile perwakilan peserta dari masing-masing pengprov Pexi.
Kejuaraan Nasional Xiangqi ke 12 yg dilaksanakan di hotel Sanno Jakarta dr tgl 4-8 Juli 2013 resmi dibuka Kamis (4/7) malam di Restoran Raja Kuring, seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu panitia terkesan asal-asalan hingga satu pemain pra senior dari Jambi Eric Rudy tidak bisa bermain/tanding, bukan hanya pemain Jambi yang merasa dirugikan, namun beberapa daerah juga mengalami nasib yang sama.

Pertandingan Kejuaraan Nasional Xiangqi dihelat di lantai IX Ballroom Hotel Sanno, Jakarta Utara, dimulai hari Jumat (5/7) dengan jenis-jenis pertandingan diantaranya beregu (antar pengprov), perorangan putra, perorangan putri, dan perorangan junior putra U-18.

Seyogyanya pertandingan Xiangqi adalah Kejuaraan Nasional Persatuan Xiangqi Indonesia (Kejurnas Xiangqi) adalah agenda tahun Pexi, namun adanya pemain asing dari China, maka tidak bisa disebut Kejurnas Xiangqi dan PB Pexi tidak memiliki data basemen. Ujar Iwan Setiawan dari Babel "Kejurnas Xiangqi adalah pertandingan antar provinsi, mana bisa ada pemain asing (cina)." hal senada juga disampaikan Cokra Sait dari Riau "peserta open turnamen ini tidak murni dari daerah" tambah Iwan boleh pemain asing ikut bertanding, tapi bukan lagi dengan sebutan Kejurnas Xiangqi, melainkan Open Turnamen Xiangqi, Open Turnamen dibagi dalam tiga kategori, diantaranya kategori senior 50 peserta, kategori wanita 11 peserta dan kategori junior putra 8 peserta. peserta terdiri dari Jatim, Jambi, Jabar, DKI, Sumut, Kalbar, Riau, Banten, Bali, Kaltim, Aceh, ada beberapa daerah yang belum terbentuk dimainkan tuan rumah bahkan ada pemain china sementara untuk Sumsel, Lampung dan Jateng tahun ini absen.

Untuk peringkat pertama wanita Tri Nurdiyanti dari Jambi disusul peringkat kedua Dian dari DKI, peringkat ketiga Marieta Charistabel Carola dari Jabar, dan peringkat keempat Cynthia Novela Sari dari Jambi. Sedangkan peringkat junior putra U-18 adalah pringkat kesatu Rendi Nuralam dari Jabar, peringkat kedua Ricky Chandra Johanes dari Jambi, peringkat ketiga Yolanda Arga Pratama dari Jambi dan pringkat keempat Adisaputra dari Sumut. (Romy)