Senin, 23 September 2013

Shejit Kun Ce Tua Lang Kong Di Hadiri Ratusan Umat Khonghucu

JAMBI – Sayup-sayup terdengar suara orang yang tengah membaca mantera (doa) serta aroma wewangian yang diiringi sinar lilin-lilin dari dalam ruangan tempat beribadah umat Khonghucu di Kelenteng MAKIN Lam Po Tong yang berlokasi di Jalan Perdana Raya (belakang kantor DPRD Kota Jambi) Rt. 33, No. 19, Kelurahan Paal V, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi.
Sejak Kamis pagi, 23 September 2013 (pwe gwe cap kao) ratusan umat Khonghucu mendatangi Kelenteng Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Lam Po Tong yang beralamat di Jalan Perdana Raya. Ratusan umat Khonghucu datang untuk mengikuti prosesi sembahyang perayaan Shejit “Kun Che Tua Lang Kong.” mereka datang untuk memberikan hormat atas sejitnya shin beng Kun Che Tua Lang Kong.

Umat Khonghucu Jambi memperingati ulang tahun Kun Che Tua Lang Kong sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur mereka, ini merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap umat Khonghucu. Berbagai cara dan jenis ritual yang digelar umat Khonghucu, tetapi tetap memiliki satu tujuan, yaitu untuk menghormati para suci shinming serta leluhur mereka.

Seperti sembahyang Shejit “Kun Che Tua Lang Kong” dan Kho Kun yang digelar oleh kelenteng MAKIN Lam Po Tong kali ini dihadiri Ketua Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN), Darman Wijaya, Wakil ketua Matakin, Alex Sujanto, Wakil ketua Matakin Kota Jambi, Huwanda Desswandhy, selain itu tampak hadir para pengurus Makin Leng Chung Keng dan Makin Kabupaten Tanjab Barat dan Wakil Ketua Perempuan Khonghucu (perkhin) Provinsi Jambi.

Kata Chu Harto, ketua Makin Lam Po Tong, bahwa pihaknya memang sengaja menggelar dua acara sekaligus, agar momen tersebut benar-benar dapat dimanfaatkan sebaik untuk umat umat berdoa dan memohon keselamatan dan perlindungan dari sin beng maupun para leluhur. “Kepada shin ming, kita memohon keselamatan dari berbagai bencana sedangkan kepada leluhur merupakan tanda penghormatan kita,” katanya diselah istirahat sembahyang. (Romy) 
* http://ayen-servicekamera.blogspot.com/