Rabu, 06 November 2013

Makin Sai Che Tien Jambi Memperingati “Sejit Go Hu Tua Lang Kong”

JAMBI –Hari ini, Kami, 7 Nopember 2013 (Cap Gwee Jiu Go imlek) merupakan hari ulang tahun (Sejit) Shenming Go Hu Tua Lang Kong,
maka setiap umat Khonghucu yang memiliki altar di rumah akan melakukan sembahyang, bagi yang tidak memiliki altar dapat melakukan sembahyang di kelenteng-kelenteng yang ada altar Sejit Go Hu Tua Lang Kong.
Maka sejak pagi hari puluhan umat Khonghucu di kawasan Koni VI melakukan sembahyang memperingati Sejit Go Hu Tua Lang Kong di Kelenteng Makin Sai Che Tien Jambi yang beralamat di Jalan Koni IV, Rt. 02, Kelurahan Talangjauh, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi.

Shen Ming Go Hu Tua Lang Kong merupakan salah satu dari sekian banyak shen ming yang di puja umat Khonghucu, termasuk di kelenteng Makin Sai Che Tien, Go Hu Tua Lang Kong adalah dewa pendamping altar Hok Hie Tee Sien (FUXI 伏羲).

Sembahyang kali ini, dipimpin oleh Ketua Matakin Kota Jambi sekaligus ketua Makin Sai Che Tien Darmadi Tekun (The Kien Peng), didampingi Handoko Thetro beserta beberapa pengurus inti Makin Sai Che Tien.

Ketua Matakin Kota Jambi Darmadi Tekun, mengatakan bahwa hari ini adalah hari  Go Hu Tua Lang Kong dititiskan sebagai shen ming (dewa), maka umat Khonghucu yang punya altar Go Hu Tua Lang Kong pasti lakukan sembahyang. “Kita lakukan sembahyang secara sederhana, karena Go Hu Tua Lang Kong merupakan shen ming (dewa) pendamping di Kelenteng Makin Sai Che Tien.” Ujar Darmadi Tekun. (Romy)
* www.ayojambi.com/