Sabtu, 01 Februari 2014

Hok Liong Say Hibur Pengunjung Trona

JAMBI, ayojambi.com – Seperti tahun lalu, Perayaan Imlek kedua Barongsai dari Perkumpulan Hok Liong Say yang beralamat di Jalan Koni IV, Kelurahan Talangjauh, Kecamatan Jelutung adakan atraksi untuk menghibur pengunjung Mal Trona Jambi (video), Atraksi dilakukan pada hari Sabtu (1/2) Imlek kedua 2565 pukul 15.00 Barongsai mempertontonkan permainan yang seru dan menegangkan diiringi dengan gendangnya.
Empat ekor Barongsai (kucing barong) sore tadi menghebohkan pusat perbelanjaan Trona Jambi di Jalan Jenderal Sudirman, Jambi. Barongsai berwarna merah, Orien dan kuning berkeliling diantara stan-stan yang ada di pusat perbelanjaan tersebut.

Rombongan Barongsai mengeliling ke setiap stan dari lantai dasar hingga ke lanta tiga diiringi musik pengiring. Ketiga Barongsai berlenggak-lenggok sambil memberikan hormat ketiap pengunjung Mal Trona Jambi (foto) dengan cara kepala Barongsai angguk-angguk. Selanjutnya, pengunjung bahkan anak-anak memasukan angpao ke mulut si Barongsai.

Ujar Karyawan Trona "Kita memang biasa tampilkan Barongsai pada hari Imlek kedua, untuk menghibur pengunjung”. Kehadiran Barongsai selain mengibur pelanggan mal, khususnya masyarakat Tionghoa mempercayai bahwa kesenian Barongsai dapat mengusir aura buruk terhadap lingkungan tempat tinggal, kantor, kelenteng dan mal/ pusat perbelanjaan.

Jumat kemarin Perkumpulan Hok Liong Sai mengadakan pertunjukan Barongsai dari rumah ke rumah. Sudah menjadi tradisi setiap Hok Liong Sai mengunjungi rumah-rumah warga dan warga memberi angpao (amplop merah berisi yang)," ungkap Wakil Ketua Matakin Kota Jambi Huwanda Desswandhy. (Romy)
* www.ayojambi.com/