Minggu, 09 Maret 2014

Nama Luigi dan Kozel di Pesawat Malaysia Airlines MH370 Masih Misteri

Jakarta - Nama Luigi Maraldi asal Italia dan Christian Kozel asal Austria yang terdaftar sebagai penumpang dalam penerbangan Malaysia Airlines MH370 yang hilang, dipastikan tidak ada dalam penerbangan tersebut. Lalu bagaimana kedua nama tersebut bisa ada dalam penerbangan?
Dalam keterangan yang dikutip dari reuters, Minggu (9/3/2014), mantan anggota Dewan Keselamatan Transportasi Nasional Amerika Serikat (AS), John Gogila mengatakan, munculnya identitas palsu dua penumpang di pesawat tersebut harus ditanggapi serius karena berpotensi adanya dugaan aksi teror.

"Itu 'bendera merah' besar," kata John.

Menurutnya, sistem pemeriksaan keamanan sebelum masuk ke penerbangan tersebut harus dipertanyakan. "Jika ada penumpang dengan paspor yang dicuri, tidak jelas bagaimana mereka bisa melewati pemeriksaan keamanan," tambahnya.

Berdasarkan data dari Interpol, ada lebih dari 39 juta dokumen perjalanan yang dilaporkan hilang atau dicuri di 166 negara. Polisi dan petugas imigrasi atau petugas kontrol perbatasan memeriksa keabsahan dokumen hanya dalam hitungan detik.

Sementara itu, polisi Italia mengatakan paspor Luigi Maraldi dilaporkan dicuri pada tanggal 1 Agustus 2013 dan dimasukkan dalam database Interpol. Orang tua Luigi, Walter Maraldi melaporkan bahwa anaknya kini sedang berada di Thailand dan memang pernah kehilangan paspor dua tahun lalu.

"Luigi telah meyakinkan kami bahwa dia baik-baik saja, awalnya kita tidak tahu tentang kecelakaan pesawat itu, terima kasih Tuhan ia mendengar tentang hal itu sebelum kami," ujar Walter saat dihubungi NBCNews melalui saluran telepon.

Sedangkan, juru bicara Kementerian Luar Negeri Austria, di Wina, mengatakan, Christian Kozel saat ini dipastikan dalam keadaan aman di rumahnya.

"Kedutaan kami mendapat informasi bahwa ada seorang warga negara Austria di dalam daftar dari Malaysia Airlines. Sistem kami menyatakan bahwa ini (nama Christian Kozel) adalah paspor yang dicuri," ujar juru bicara tersebut.

"Polisi Austria telah menemukan pria tersebut aman di rumahnya. Paspor itu dicuri dua tahun lalu saat ia (Kozel) melakukan perjalanan di Thailand," tambah juru bicara tersebut.
http://news.detik.com/read/2014/03/09/090136/2520091/10/nama-luigi-dan-kozel-di-pesawat-malaysia-airlines-mh370-masih-misteri?9911012* www.ayojambi.com/