Selasa, 26 Agustus 2014

Ini Dia 7 Makanan Kaya Serat Untuk Pencernaan Lancar

DREAMERSRADIO.COM - Serat adalah salah satu bahan makanan yang penting untuk tubuh. Selain itu, serat juga bisa berguna untuk menurunkan kolesterol dan menghilangkan lemak dan racun dalam tubuh. Serat biasanya didapatkan dari sayur dan buah. Namun seperti yang dilansir dari Health.com, berikut beberapa makanan yang juga kaya serat.
1. Jagung
Selain serat, jagung kaya vitamin dan antioksidan yang baik untuk mencegah radikal bebas dan memperbaiki sel tubuh yang rusak. Jagung juga bisa menjadi pengganti nasi untuk yang sedang dalam masa diet karena jagung juga mengandung karbohidrat.

2. Kedelai putih
Kedelai putih bisa didapatkan dalam makanan seperti tempe atau tahu. Kandungan serat, protein, zat besi, dan potassiumnya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Kedelai hitam
Kedelai hitam memiliki 15 gr serat dan protein per mangkuknya. Selain serat dan protein, kedelai hitam juga mengandung flavonoid yang merupakan semacam antioksidan. Namun kedelai hitam biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat kecap dan jarang dikonsumsi.

4. Kacang merah
Kacang merah juga bisa menjadi pengganti nasi karena menganding serat, protein dan zat besi. Kacang merah bisa diolah menjadi sup, bubur, atau campuran es buah.

5. Alpukat
Tidak hanya untuk pencernaan, buah ini juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan asam folatnya juga bagus untuk kesehatan jantung.

6. Beras merah
Ternyata beras merah mengandung lebih banyak serat dan karbohidrat kompleks dibanding beras putih. Tidak hanya itu, kandungan seratnya yang tinggi sangat cocok untuk yang sedang diet. Bahkan juga bisa menurunkan resiko diabetes karena kandungan gulanya lebih sedikit.

7. Edamame
Makanan yang berbentuk kacang kedelai hijau ini mengandung serat dan protein tinggi serta zat besi layaknya kedelai lainnya. Edamame cukup direbus dan dimakan begitu saja atau dicampur ke dalam sup.

https://id.she.yahoo.com/ini-dia-7-makanan-kaya-serat-untuk-pencernaan-092300578.html
* www.ayojambi.com/