Selasa, 28 Oktober 2014

Riwayat Pendidikannya Diributkan, Ini Komentar Menteri Susi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyedot perhatian publik pasca-pengumuman susunan Kabinet Kerja oleh Presiden Joko Widodo. Bagi sebagian orang, nama Susi, pemilik Susi Air, sudah tak asing lagi. Bagi sebagian lainnya, namanya masih belum familiar. Perjalanan hidupnya, kisah suksesnya membangun usaha, kegigihan, gaya "nyentrik", dan riwayat pendidikannya pun banyak diulas.
Yang paling menjadi pro kontra adalah soal pendidikan terakhirnya. Susi tak menyelesaikan pendidikan menengah atasnya. Ada yang tak mempermasalahkan, namun ada pula yang mempertanyakan kapabilitas Susi karena dianggap hanya lulusan SMP. Apa komentar Susi?

Ketika ditanya soal ini, Susi tak mengomentarinya secara lugas. Ia menjawab pertanyaan soal itu dengan mengisahkan pertemuannya dengan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sarwono Kusumaatmadja.

"Tadi saya mengeluh ke Pak Sarwono, banyak komentar jelek soal saya. Beliau lalu bilang, 'Susi itu sudah terlalu pintar, jadi tidak perlu sekolah'," ujar Susi menirukan perkataan Sarwono, di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jalan Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (28/10/2014).

Namun, ia tak menyebutkan apakah pernyataan Sarwono itu terkait kontroversi soal pendidikannya. Ia mengatakan, pernyataan Sarwono menjadi dukungan moral baginya.

"Lalu Pak Sarwono bilang, 'Tenang saja ya Sus, yang perlu sekolah itu ya kita-kita yang bodoh ini'," lanjut Susi.

Seperti diberitakan, Presiden Joko Widodo menunjuk Susi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan karena kiprahnya di dunia perikanan. Jokowi juga menganggap Susi gigih dan pekerja keras.

Saat mengumumkan nama Susi sebagai menteri, Jokowi mengatakan, Susi memulai usahanya dari menjual ikan di daerah Pangandaran, Jawa Barat, yang juga dikenal sebagai salah satu sentra nelayan di Tanah Air.

"Beliau (Susi Pudjiastuti) memulai usaha dari jualan ikan di TPI (tempat pelelangan ikan)," kata Presiden Joko Widodo di Jakarta, Minggu (26/10/2014).

Menurut Presiden Jokowi, sosok Susi Pudjiastuti juga merupakan wirausaha pekerja keras yang berhasil membangun usahanya dari nol.

http://nasional.kompas.com/read/2014/10/28/18061071/Riwayat.Pendidikannya.Diributkan.Ini.Komentar.Menteri.Susi
* www.ayojambi.com/