Kamis, 25 Februari 2016

Gerhana Matahari di Jambi Terjadi pada Pagi Hari

JAMBI, ayojambi.com - Gerhana Matahari 9 Maret 2016 mendatang rupanya dapat dinikmati warga Jambi.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulthan Thaha Jambi, Fenomena alam yang langka ini bisa disaksikan pada pagi hari.

Menurut Kurnia Ningsi, Kasi Data dan Informasi BMKG Sulthan Thaha Jambi, gerhana di Jambi akan dimulai pada pukul 06. 21 Wib.

"Puncaknya terjadi pada pukul 07.22 Wib dan diperkirakan akan berakhir pada pukul 08.29 Wib," katanya, Kamis (25/2/2016).
Durasi gerhana yang dapat dinikmati rata-rats 2 jam delapan menit.

Proses terjadinya gerhana paling lama dapat dilihat dari kota Muara Sabak, Kabupaten Tanjung Jabung timur dengan durasi bisa mencapai 2 jam 10 menit.

Namun, untuk wilayah Siulak dan Sungai Penuh lebih singkat.

Menurut penjelasan Kurnia, hal ini dikarenakan waktu kontak awal gerhana terjadi sebelum matahari terbit di kedua wilayah dataran gunung kerinci itu.

Namun, secara umum gerhana matahari bisa dilihat di Kota Jambi, Siulak, Sungaipenuh, Muara Bungo, Bangko, Muara Tebo, Sarolangun, Muara Bulian, Kuala Tungkal, Sengeti, Muara Sabak dan Singkut (Kabupaten Sarolangun).

Namun, untuk Gerhana Matahari Total (GMT) menurut Kurnia hanya bisa teramati di Kecamatan Singkut, Kabupaten Sarolangun.

"Durasinya bisa sampai satu menit 38,1 detik," pungkasnya.

Sumber: http://jambi.tribunnews.com/2016/02/26/gerhana-matahari-di-jambi-terjadi-pada-pagi-hari
* www.ayojambi.com/