Sabtu, 13 Februari 2016

Melirik Sejit Cheng Cui Co She Di Kelenteng Hok Kheng Tong Jambi

JAMBI, ayojambi.com – Ratusan warga tionghoa yang beragama Khonghucu Jambi, hari ini (13/2-2016) mengikuti sembahyang bersama memperingati sejit (HUT) Cheng Cui Co She di Kelenteng Hok Kheng Tong Jambi yang berlokasi di Koni 4 (depan pabrik kopi AAA) Kelurahan Talangjauh, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi, mereka datang untuk merayakan ulang tahun Cheng Cui Co She yang di kenal dengan Co She Kong yang jatuh pada Imlek “Cia Gwee Ciu Lak” [Lihat Foto: Prosesi Sejit Ceng Cui Co She]

Upacara perayaan sejit Cheng Cui Co She dipimpin oleh Lim Te Chong Taushe dari negara Tiongkok, dengan kusuk para pengurus kelenteng Hok Kheng Tong dan para lo cu maupun umat Khonghcu memanjatkan doa agar di tahun Monyet Api negara bisa aman tentram, kesehatan keluarga, usaha lancar, rumah tangga sejahtera.
Sehari sebelumnya prosesi perayaan sejit dilakukan, terlebih dahulu para pengurus kelenteng Hok Kheng Tong melakukan sembahyang Tie Kong (Tuhan) di altar kelenteng, adapun maksud sebahyang tersebut adalah meminta restu sekaligus memberitahu kepada Tuhan Yang Maha Esa (Tien), bahwa umatnya di Jambi hendak merayakan sejit Co She Kong.

Tampak hadir dalam perayaan ulang tahun sen ren Cheng Cui Co She dari Ketua Kelenteng Sai Che Tien, Darmadi Tekun (The Kien Peng), Kelenteng Leng Chun Keng, Sukardi (Lim Han Mong), Kelenteng Lam Po Tong, Cuh Harto serta puluhan umat Khonghucu dari kota Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjungjabung Barat.

Selain itu, acara sejit Cheng Cui Co She dimeriahkan oleh sepasang Barongsai dari Perkumpulan Hok Liong Sai Jambi. (Romy)
* www.ayojambi.com/