Kamis, 15 September 2016

Perayaan Sejit Che Liong Kong Di MAKIN Leng Chun Keng Jambi


JAMBI, Ayojambi.com – Melirik Perayaan Sejit “Sun Peng Sing He yang lebih dikenal dengan sebutan Che Liong Kong” di Kelenteng Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Leng Chun Keng Jambi 龍春宮 yang terletak di Jalan Koni 1, Kelurahan Talangjauh, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi, Kamis (15/9) pagi.
Sejit Che Liong Kong tepat pada Pwe Gwe Cap Go (lunar kalender) MAKIN Leng Chun Keng Kota Jambi, sekaligus mengadakan sembahyang Tiong Chiu “中秋節”, 15 bulan 8 tahun 2567 Kongzili yang jatuh pada 15 September 2016. Saat bulan purnama bersinar nan cemerlang di pertengahan musim gugur/rontok (Mid Autumn) dan dilakukan sembahyang syukur kepada Sun Peng Sing He 順平聖侯 dengan sajian khusus Tiong Chiu Pia dan aneka Kue lainnya.

Upacara suci dipimpin langsung oleh Lim Ze Cheng taoshe dari Tiongkok (中国道士林泽承). Selain menyambut perayaan Sejit Che Liong Kong, Kelenteng Leng Chun Keng juga adakan Kho Kun “Persembahan sesajian untuk para pengawal dewa-dewa”.

Sehari sebelumnya prosesi akbar perayaan Sejit Che Liong Kong dilakukan, terlebih dahulu para pengurus kelenteng MAKIN Leng Chun Keng melakukan sembahyang Tie Kong (Tuhan) di altar depan kelenteng, adapun maksud sebahyang tersebut adalah meminta restu sekaligus pemberitahuan kepada Tuhan Yang Maha Esa (Tien), bahwa umatnya di Jambi hendak merayakan Tiong Ciu Cui dengan menyembahyangi Tai Im Niu Niu (Dewi Bulan) dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban. (Romy)
* www.ayojambi.com/