Minggu, 19 Maret 2017

Sembahyang Bersama Sejit Kongcu Kong Tek Chun Ong

JAMBI - Perayaan Sejit Kong Tek Chun Ong di Kelenteng Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Leng Chun Keng di Jalan Koni I, No. 4, Kelurahan Talangjauh, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi, Minggu (19/3-2017) dihadiri ratusan umat Khonghucu Jambi [Lihat Album: Perayaan Sejit Kongcu Kong Tek Chun Ong].
Menyambut sejit (ulang tahun) roh suci “Kong Tek Chun Ong” dilaksanakan secara sederhana di kelenteng MAKIN Leng Chun Keng yang baru selesai dibangun.
Sehari sebelum acara ritual, panitia perayaan sejit Kongcu Kong Tek Chun Ong adakan malam hiburan karaoke (18/3-2017).

Tampak pengurus dari MAKIN Hok Kheng Tong, MAKIN Sai Che Tien Jambi ikut meramaikan sejit Kong Tek Chun Ong berbaur bersama ratusan umat Khonghucu lainnya.

Walaupun perayaan Kwan Tek Chun Ong dilaksanakan secara sederhana, namun tidak mengurangi niat umat Khonghucu Jambi untuk  datang.

Seusai sembahyang bersama, semua sajian yang dibawa umat maupun yang disediakan panitia (lo cu) di masak lalu di makan bersama.

Kata, Salim Lim, Pengurus Makin Leng Chun Keng, “Bangunan kelenteng Leng Chun Keng baru selesai, maka kita hanya adakan sembahyang sejit Kwan Tek Chun Ong secara sederhana dan kita tidak banyak mengundang Makin-Makin yang ada di Jambi’, selanjutnya kata Salim, mudah-mudahan tahun depan kelenteng sudah selesai dibangun agar bisa menampung lebih banyak umat yang datang sembahyang, ujar Salim disela melayani umat.

Kelenteng Leng Chun Keng yang di renovasi total bisa menjadi salah satu objek wisata religi di Kota Jambi, karena bentuk bangunannya dirancang sedemikian, mulai dari pintu masuk langsung ada shen ren (dewa pintu), tiang Naga dan sepasang Singa di kiri kanan pintu utama memiliki nilai historis.

Pintu gerbang masuk ke dalam kompleks Kelenteng Leng Chun Keng dengan bentuk bangunan, ornamen dan warna oriental yang khas, dirancang oleh arsitektur dari Tiongkok dan bahan-bahannyapun didatangkan dari Tiongkok. (Romy)* https://www.facebook.com/makinjambi