Rabu, 27 Oktober 2010

Sejumlah Negara Tawarkan Bantuan

PADANG, KOMPAS.com — Negara-negara sahabat dan organisasi internasional menawarkan bantuan penanganan dampak bencana alam di Yogyakarta dan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Hal itu terungkap dalam laporan sejumlah pejabat pemerintah kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sesaat setelah Presiden tiba di Padang dari Hanoi, Vietnam, Rabu (27/10/2010).

“Pastikan bantuan tepat sasaran, transparan, dan akuntabel.” -- Presiden SBY

Kepala Unit Kerja Presiden Pengawas Perencana Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto melaporkan, Jepang adalah salah satu negara yang menawarkan bantuan. Selain itu, Selandia Baru juga siap mengirimkan berbagai jenis bantuan setiap saat dibutuhkan. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), menurut Kuntoro, juga telah menyiapkan bantuan yang siap dikirimkan.

Selain menawarkan bantuan, negara-negara sahabat dan organisasi internasional itu juga menyatakan duka yang mendalam.

Pada saat yang sama, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono juga melaporkan bahwa angkatan perang Singapura menawarkan bantuan kapal. Namun, kata Agus, TNI belum memberikan jawaban atas tawaran itu karena masih menunggu perkembangan situasi.

Menanggapi tawaran bantuan itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengucapkan terima kasih. Presiden berharap, bantuan disalurkan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan. "Pastikan bantuan tepat sasaran, transparan, dan akuntabel," kata Presiden.

Presiden Yudhoyono hari ini bermalam di Padang. Kamis (28/10/2010) besok, Presiden bertolak ke Kepulauan Mentawai.