Sabtu, 06 November 2010

Evakuasi 10 Jenazah Batal

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tim evakuasi batal mengevakuasi sekitar 10 jenazah di Dusun Ngepringan, Wukirsari, Cangkringan, Sleman lantaran dinilai tidak aman, Sabtu (6/11/2010). Pasalnya, hingga siang ini, Gunung Merapi masih menyemburkan awan panas atau wedhus gembel.

Awalnya, tim dari TNI AD dan puluhan relawan lain berkumpul di sekitar Polsek Cangkringan menunggu arahan dari pantauan semburan awan panas yang dilaporkan melalui radio panggil (HT). Angin dilaporkan bertiup ke arah barat atau menjauhi lokasi yang akan dituju yakni sekitar 10 kilometer dari puncak Merapi. Setelah dinyatakan aman, tim mulai bergerak.

Namun, di tengah jalan, dilaporkan bahwa aliran awan panas turun melewati Kali Gendol. Karena dinilai tidak aman lantaran puncak Merapi tidak tertutup kabut tebal, tim kembali dan bergegas menjauhi wilayah Cangkringan.

Pagi tadi, tim relawan dari PKPU telah mengevakuasi satu jenasah di Dusun Ngepringan dan dua jenasah di Dusun Cakran, Wukirsari. Menurut warga, masih ada sekitar 10 jenasah di Dusun Ngepringan, tepatnya di sekitar Kali Gendol.

Evakuasi ternak
Pantauan Kompas.com, warga Cangkringan mengevakuasi sapi-sapi dengan truk. Sebagian telah dievakuasi ke balai desa yang jaraknya menjauh dari puncak Merapi.

http://regional.kompas.com/read/2010/11/06/14551249/