Selasa, 05 April 2011

Hien Tien Siong Te Se Jit

JAMBI – Ratusan umat Khonghucu Selasa (05/04) membanjiri Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Hok Sin Tong untuk merayakan Hari Ulang Tahun Dewa Hien Tien Siong Te yang berlokasi di RT. 23 Kelurahan Lebak Bandung, Kecamatan Jelutung.
Klenteng Hok Sin Tong termasuk salah satu Klenteng yang usianya cukup tua di Kota Jambi, Klenteng tersebut didirikan pada tahun 1928 dari daun nipah dan dinding papan, dengan ukuran dalam ruangan 12 X 8 meter dan direnovasi pada tahun 1986.

Mengingat jasa Dewa Hien Tien Siong Te yang telah banyak membantu berbagai lapisan masyarakat, maka tidak heran di setiap perayaan ulang tahun dan kho khun warga tionghoa yang memeluk kepercayaan Khonghucu akan membanjiri Klenteng-Klenteng diseluruh tanah air.

Menurut Ketua MAKIN Hok Sin Tong yang tidak lain juga sebagai mantan Ketua Perkumpulan Aneka Kesejahteraan (ANKE) dan Ketua Pengda Persatuan Xiangqi Indonesia (DPD-PEXI) Jambi, Darman Wijaya, mengatakan bahwa Klenteng Hok Sin Tong dibangun pada tahun 1928 silam dan dilakukan renovasi pada tahun 1986 oleh keputusan sang Dewa agar tidak merubah bentuk asli Klenteng, maka kita selaku pengurus tidak berani memperbesarkan ruang yang sudah tidak dapat menampung umat yang datang sembahyang.

Seusai upacara ulang tahun dan kho khun semua persembahan dari umat dikumpulkan dan dimasak selanjutnya dimakan bersama, dengan memakan hidangan tersebut dipercayai masyarakat akan mendapatkan berkah dari sang dewa. (rom)