Sabtu, 28 Mei 2011

Fu Xi, Shen Ming Yang Pertama

Yang pertama dari tiga kaisar mulia, San-huang , dalam mitologi Cina. Menurut tradisi ia memerintah 2952-2836 SM (116 tahun) atau 2852-2737 SM (115 tahun). Fu Xi mengajarkan seni umat manusia, seperti penggunaan jaring ikan untuk menangkap ikan, pengembangbiakan ulat sutra untuk membuat kain, dan penjinakan hewan liar. Dia juga menemukan musik, dan yang paling penting, delapan tigrams ( Pakua ), dikatakan sebagai dasar tulisan Cina.
Juga dikaitkan dengannya adalah penemuan casting nubuat dengan menggunakan tangkai yarrow. Selain itu, Fu Xi dikatakan telah menciptakan seratus nama keluarga Cina (marga) dan memutuskan bahwa pernikahan hanya dapat berlangsung antara orang bantalan nama keluarga yang berbeda (marga yang berbeda).

Fu Xi direpresentasikan sebagai manusia dengan tubuh ular. Istrinya Nu-gua . Dalam candi Tao ia biasanya digambarkan memegang sebuah panel di mana delapan tigrams yang tertulis.

Fuxi adalah dewa legendaris dalam mitologi Cina kuno. He is also called Taihao or Taihao Fuxi. Ia juga disebut Taihao atau Taihao Fuxi. Legenda mengatakan, dengan meniru laba-laba membuat jaring, dia menciptakan jaring untuk menangkap ikan dan hewan. Ia menemukan alat musik, Se, alat dipetik dengan 50 senar, dan merupakan Delapan Diagram (Xian Tian Ba Gua-先天八卦) digunakan dalam ramalan feng shui. Ia menikahi adiknya, Nuwa, dan mulai reproduksi keturunan satu generasi demi satu.

Dengan demikian mereka menjadi nenek moyang orang Tionghoa. Dalam Dinasti Han (206 SM - 220), mereka adalah ukiran batu sebagai tokoh dengan kedua kepala manusia dan tubuh ular. Mereka adalah manusia-berbentuk dari pinggang ke atas, tetapi ular-seperti di bawah ini. Tubuh yang lebih rendah terjerat bersama dengan satu sama lain.