Rabu, 14 September 2011

Batu Rajo di Pulau Tengah

KERINCI, Jambi - Mestipun baru menginjakkan kaki di Kabupaten Kerinci (7/9-2011) yang lalu, wartawan elektronik dari CCTV, yang berasal dari media cetak dan media elektronik Cina dan Taiwan, mengaku kagum dengan keindahan alam dan keramahtamahan warga Kerinci.
Rombongan wartawan dari Cina dan Taiwan yang didamping Kadis Pariwisata Provinsi Jambi, langsung dibawa ke lokasi benda-benda cagar budaya Batu Rajo di Desa Baru Pulau Tengah.

Batu Rajo yang terletak di pinggir jalan raya Desa Baru Pulau Tengah, Kecamatan Keliling Danau, kira-kira 12 kilometer dari Sungai Penuh. Batu Raja tersebut lebih menyerupai Dolmen, yang terdiri atas empat buah batu datar pipih dengan ukuran panjang 1,75 - 2,75 meter dan lebar 1,75 - 2 meter. Dolmen yang tidak mengalamai pengerjaan oleh tangan manusia ini dipercaya sebagai tempat duduk para rajo-rajo jaman dahulu.

Batu Rajo merupakan salah satu lokasi kunjungan liputan dari wartawan CCTV (China), Taiwan Macroview TV (Taipeh), Metro TV (Ind), dan tidak ketinggalan wartawan cetak diantaranya dari Harian China News Service (bahasa mandarin), Harian Indonesia Shang Bao (bahasa mandarin), dan Majalah China Town (bahasan Indonesia). (Romy)