Kamis, 15 September 2011

Media Cina dan Taiwan Sambangi Kerinci

KERINCI - Kedekatan Kerinci dengan negara tirai bambu yang sudah terjalin sejak ribuan tahun lalu, ternyata menarik perhatian media cetak dan media elektronik di negara tersebut. Para jurnalis Cina rela datang langsung untuk menelusuri jejak peradaban Cina di Kabupaten Kerinci.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Didy Wurjanto, mengatakan, kedatangan media Cina dan Taiwan ke Kabupaten Kerinci, dalam rangka liputan dan mengumpulkan bukti adanya pengaruh Cina di Kabupaten Kerinci.

“Kedatangan sejumlah media cetak dan media elektronik dari Cina dan Taiwan, untuk mencari fakta adanya pengaruh Cina di Kabupaten Kerinci, yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu,” ujar Didi Wurjanto, saat mendampingi wartawan Cina dan Taiwan di Kerinci, beberapa waktu yang lalu.

Menurutnya, wartawan yang datang dalam liputan tersebut beberapa di antaranya merupakan wartawan CCTV Cina, TV Taiwan, dan sejumlah wartawan TV swasta nasional yang ada di Indonesia dan tidak ketinggalan wartawan cetak.

“Rencananya hasil liputan tersebut nantinya akan ditayangkan di 123 negara, dengan tayangan yang berbahasa Cina. Selain itu hasil kunjungan tersebut rencananya juga akan diekspos di sejumlah media cetak,” katanya. (Rm)