Jumat, 14 Oktober 2011

Masjid Cheng Ho, Simbol Perdamaian Umat Beragama

SURABAYA, KOMPAS.com — Masjid Muhammad Cheng Ho (Masjid Cheng Ho) di Surabaya, Jawa Timur, dikenal sebagai masjid pertama di Indonesia yang menggunakan nama Muslim Tionghoa. Masjid ini merupakan simbol perdamaian umat beragama di Jatim khususnya dan di Indonesia pada umumnya.
Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengungkapkan hal itu pada Halalbihalal dan Perayaan Ulang Tahun Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya, Kamis (13/10/2011) malam.

Menurut dia, pengaruh Masjid Cheng Ho bagi kedamaian umat beragama sangatlah besar karena menggabungkan budaya etnis China dan Islam. "Penggabungan dua budaya ini menggambarkan persatuan antara budaya Cina dan Islam," tuturnya.

Masjid tersebut tidak sekadar sebagai simbol perdamaian bagi umat Islam di Jatim, tetapi juga tempat ibadah bagi semua umat Islam, simbol kebersamaan, cinta kasih, dan tempat bertemunya semua aliran tanpa ada perbedaan suku, bahasa, dan lain-lain.

Masjid Cheng Ho adalah tempat ibadah bagi umat Islam di Jatim tanpa ada perbedaan, serta sebagai salah satu ikon perdamaian umat beragama, tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pembina Iman Tauhid Islam (PITI) Jatim Edwin Suryalaksana mengatakan , perkembangan Masjid Cheng Ho sampai dengan usia ke-9 tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, baik masyarakat maupun Pemprov Jatim dalam menjaga kenyamanan dalam beragama. Menjaga kenyamanan dalam beragama dan memajukan Masjid Cheng Ho merupakan tanggung jawab dari semua kalangan baik masyarakat dan pemerintah, tegasnya.

Masjid Cheng Ho dibangun diatas tanah seluas 21 x 11 meter persegi dengan luas bangunan utama 11 x 9 meter persegi mampu menampung sekitar 200 jamaah. Masjid ini memiliki delapan sisi di bagian atas bangunan utama.

Semua ukuran dan bentuk bangunan memiliki makna yakni angka 11 untuk ukuran Kabah saat baru dibangun, angka 9 melambangkan Wali Songo, dan angka 8 melambangkan Pat Kwa yang berarti keberuntungan atau kejayaan dalam bahasa Tionghoa.

Setiap hari, selain sebagai tempat ibadah, Masjid Cheng Ho juga sebagai tempat tujuan wisata religi para wisatawan mancanegara dan domestik. Wisa tawan mancanegara yang pernah mengunjungi antara lain dari Republik Rakyat Tiongkok, Malaysia, Singapura, Belanda, Kanada dan Amerika Serikat

http://regional.kompas.com/read/2011/10/14/16153161/