Sabtu, 19 November 2011

Pra Senior Xiangqi Jambi, Ikut Kejuaraan Xiangqi Dunia di Jakarta

JAMBI - Kejuaraan Dunia Xiangqi 2011 “12 th World Xiangqi Championship” yang akan digelar 20-26 Nopember 2011, di hotel Borobudur Jakarta. Sejumlah pecatur xiangqi dunia akan ambil bagian dalam Kejuaraan Dunia Xiangqi 2011 yang digelar akhir tahun ini di Jakarta.
Pekembangan olahraga Xiangqi (catur gajah) di Indonesia telah memperlihatkan kemajuan. walaupun belum resmi menjadi bagian dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), namun sepak terjangnya kian aktif di Jambi.

Sebagai induk olahraga asah otak di daerah Jambi, Pengurus Provinsi Persatuan Xiangqi Indonesia (Pengprov PEXI) Jambi secara aktif menggelar berbagai Kejurda yang diselenggarakan setiap tahunnya, dengan tujuan untuk memcari bibit muda.

Ternyata usaha yang dilakukan Pengprov PEXI Jambi tidaklah sia-sia, kurun waktu 10 tahun PEXI Jambi telah mengikuti berbagai event baik di tingkat nasional maupun dunia. Atlit Xiangqi Jambi menjadi perhitungan dari daerah lain.

Seperti Tri Nurdiyanti baru-baru ini mengikuti Kejuaraan Asian Xiangqi perorangan wanita ke 15 di Macao (China), meraih peringkat ke delapan dari sepuluh negara peserta.

Ungkap Ketua Pexi Jambi, Darman Wijaya "Untuk Kejuaraan Xiangqi Dunia, kami berharap atlit yang dikirim bisa menambah ilmu dari pemain kaliber dunia, juga bisa menjaga nama baik Indonesia, khususnya nama Provinsi Jambi.”

Sedangkan menurut Ketua Harian Pexi Jambi, Mulyadi, “Kita sangat senang bisa mengirimkan Eric Rudy pra senior pemain Xiangqi Jambi ke ajang bergengsi Kejuaraan Xiangqi Dunia di Jakarta yang akan dilaksanakan oleh PB Pexi Pusat,” mudah-mudahan Eric dapat mengali pengalaman dari pemain luar negeri.” Selain itu Mulyadi mengharapkan 2-3 tahun kedepan Eric sudah bisa menyamaikan posisi seperti pemain senior lainya.

Sampai saat ini segala keperluan kegiatan Kejurda Xiangqi maupun Kejurnas Xiangqi, belum mendapatkan dukungan dana baik dari Pemerintah maupun Koni Jambi, namun Pexi Jambi tetap berjalan baik berkat bantuan dari berbagai donatur di Jambi yang merasa simpatik terhadap perjuangan Pexi Jambi untuk memperkenalkan seni budaya Xiangqi sebagai olahraga asah otak di Jambi. (Romy)