Sabtu, 28 Januari 2012

Haul Cheng Cui Co She

JAMBI – Setelah perayaan imlek keenam, ratusan umat Khonghucu di Kota Jambi memadati Klenteng “Hok Kheng Tong” yang terletak di Jalan Koni IV, Rt. 02, Kelurahan Talangjauh, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi, kehadiran umat Khonghucu tersebut adalah untuk mengikuti prosesi upacara Sejit roh suci (Sen Ming) “Cheng Cui Co She” atau yang lebih dikenal dengan sebutan “Co She Kong”, yang dilakukan pada Sabtu (28/1-2012) pagi.
Mereka silih berganti mendatangi Klenteng Hok Kheng Tong untuk sembahyang diiringi sepasang barongsai dari Perkumpulan “Hok Liong Sai”.

Upacara sembahyang langsung dipimpin oleh rohaniwan Ali Asan, upacara mulai dari pukul 09.00 hingga pukul 12.30, sebagaimana biasanya berbagai sesajen terbentang di atas meja berwarna merah ada juga sesajian yang dibawa oleh masing-masing umat sendiri.

Prosesi upacara terbagi dua tahap, yakni tahap pertama adalah sembahyang menghadap altar Tien (Tuhan), tahap kedua baru sembahyang di altar roh suci (sen ming) Cheng Cui Co She atau Co She Kong. Tahap demi tahap diikuti oleh segenap pengurus klenteng Hok Kheng Tong beserta Lo Cu (panitia), semua prosesi dilakukan pengurus dengan kusuk dan seusai tahapan pertama umat Khonghucu di hibur oleh atraksi Barongsai, setengah jam kemudian, prosesi upacara kedua dilanjutkan didalam klenteng, yakni di altar Cheng Cui Co She (Co She Kong).

Seusai sembahyang tersebut, sesajen-sesajen yang ada di altar lalu dimasak, kemudian dimakan bersama. Tradisi makan bersama ini, menurut kepercayaan umat Khonghucu, dengan memakan makanan dari hasil sembahyang ulang tahun para roh suci (sen ming), diri mereka akan mendapatkan perlindungan dari mahluk-mahluk yang jahat.

Tampak hadir dalam sejit Co She Kong, adalah Ketua Makin Sai Che Tien, Darmadi Tekun, Ketua Makin Hok Sin Tong, Darman Wijaya, Ketua Makin Gi Hong Tong, Alek Sujanto, Perwakilan Makin Leng Chun Keng dan para pengusaha beserta simpatisan (romy)