Minggu, 29 Januari 2012

London Rayakan Tahun Naga Air

LONDON, KOMPAS.com - Ribuan orang Inggris hari Minggu waktu setempat berkumpul di Trafalgar Square, London, untuk merayakan Tahun Baru China, menyaksikan pesta kembang api dan pertunjukan barongsai. Trafalgar Square berada di sekitar kawasan Chinatown di London.
Walikota London Boris Johnson seperti dikutip Channel News Asia hari Senin (30/1/2012) mengatakan, masyarakat kota menyaksikan pawai di tengah cuaca dingin itu dan menikmati masakan khas china.

Perayaan menyambut datangnya Tahun Naga Air secara resmi digelar 23 Januari 2012 silam, termasuk pesta kembang api dan penampilan penyanyi Inggris dan China. Pemain akrobat berpakaian naga mempertunjukkan kebolehan mereka.

"Ini merupakan kesempatan luar biasa dan kami belum pernah melihat kerumunan sebanyak ini sepanjang tahun," kata Wali Kota London Boris Johnson.

"London adalah kota global. Anda menemukan pelajar-pelajar China di London, yang memberi kontribusi bagi ekonomi London, dibandingkan kota-kota lainnya di dunia. Saya menyukai hal ini karena London kota yang aman," tambah Johnson.

"Acara ini tidak sekadar untuk menyambut kedatangan Tahun Baru China, tapi juga meningkatkan hubungan intensif antara London dan Beijing," lanjutnya.

Zhang Qin, seorang dokter tradisional China kepada AFP mengatakan, "Di London, Tahun Baru China sangat menyenangkan. Kota ini membuat masyarakat China dan Inggris berkumpul dan bahagia.:

Miliaran orang Asia menyambut kedatangan Tahun Naga Air pada 23 Januari lalu dengan pesta kembang api dan pertunjukan barongsai. Mereka berharap agar dalam tahun yang menurut zodiak China merupakan tahun naga air, memberikan kekayaan dan kekuasaan.

Dari Malaysia hingga Korea Selatan, jutaan orang melakukan perjalanan mudik untuk berkumpul bersama keluarga mereka pada tahun baru. Ini merupakan hari libur terpenting bagi sebagian besar masyarakat Asia.

http://internasional.kompas.com/read/2012/01/30/06190582/