Sabtu, 18 Februari 2012

Dubes India Kunjungi Provinsi Jambi

JAMBI - Duta besar India untuk Indonesia, Biren Nanda besera isteri Rohmani Nandi yang datang ke Jambi khusus mengunjungi Situs terbesar di Asia Tenggara, Kedatangan dubes sendiri memiliki hubungan diplomatik antara perdagangan dan pariwisata. Menurutnya hal ada banyak keterkaitan antara India dan Jambi (18/2/2012).
Misalnya perdagangan, ada banyak pengusaha India yang melakukan usaha di Jambi. Sementara untuk hubungan sejarah, disebutkannya telah ada keterkaitan sejak sekitar 2.000 tahun lalu. Ini bisa dilihat dari hubungan antara Nalanda-Jambi. Ada kemiripan kebudayaan, dan dapat dibuktikan dalam bahasa.

Disebutkan misalnya kata suami, isteri yang mirip bahasa India. Kemudian keberadaan iket atau kain yang ada di Indonesia, Thailand, Kamboja, Vietnam menjadi bukti telah ada perdagangan.

Menurut, Biren Nanda sendiri kunjungan yang dilakukan seperti ke museum negeri Jambi dan juga ke Candi Muara Jambi. Dikatakan Biren Rohamni, duta besar India jika dirinya telah mengetahui bahwa dalam sejarah yang juga diberitakan di India, ada candi yang sangat terkenal di Jambi. Selain itu, beberapa waktu lalu, ada kunjungan Presiden Republik Indonesia kesana. “sehingga saya tertarik untuk datang ke Jambi dan melihat langsung Candi Muara Jambi,” ujarnya kepada wartawan. (Romy)