Senin, 12 Maret 2012

Sembahyang Sejit Lam Hai Kwan Im

JAMBI – Setiap penanggalan imlek Ji Gwee Cap Kao yang jatuh pada tanggal 11 Maret 2012, masyarakat tionghoa yang beragama Khonghucu maupun Buddha pada melakukan sembahyang sejit Nan Hai Kwan Im (dewi asih), mereka lakukan sembahyang ada yang hanya di altar Kwan Im di rumah-rumah, ada juga yang sengaja mendatangi klenteng-klenteng maupun vihara yang memiliki altar.
Hasil pantauan di Makin Klenteng Sai Che Tien, perayaan sejit Nan Hai Kwan Im (dewi asih) dilakukan secara sederhana oleh pengurus klenteng beserta locu (panitia), pasalnya Nan hai Kwan Im merupakan shen ming pendamping Hok Hie Tee Shien (Fu Xi), maka perayaan tidak sebesar sejit Hok Hie Tee Shien yang jatuh pada tanggal 16 Mei 2012 mendatang. sedangkan dibeberapa klenteng tidak ada upacara khusus, umat dibiarkan sembahyang maupun doa sendiri-sendiri.

Nan Hai Kwan Im dikenal sebagai dewi asih yang sangat menyayangi dan pemerhati terhadap semua insan diatas muka bumi.

Sesajian yang dipersembahkan oleh umat terdiri dari berbagai buah-buahan segar, bunga segar dan berbagai sesajen pendamping seperti Cien Up (permen), Kim Cua (kertas sembahyang). Romy