Sabtu, 31 Maret 2012

Tempat Peristirahatan Terakhir The Hok di Singapore

SINGAPORE - Untuk perkembangan kota di Singapura, pemeritah setempat meminta kepada semua ahli waris atau keturunan yang memiliki nisan di pemakaman Ngee Ann (UPPBR) Bukit Timah Road untuk dibongkar, jarak perjalanan dari pusat kota Singapura ke pemakaman Ngee Ann, jarak perjalanan dari pusat kota Singapora ke pemakaman Ngee Ann sekitar 24 Kilometer.

Sebagai keturunan Tjoa The Hok, tentu berkewajiban untuk mengurusi abu jenazah leluhur mereka, maka beberapa waktu lalu. cicit The Hok yang ada di Jambi melakukan ziarah ke altar abu leluhurnya mereka yang disemayamkan di Mandai Singapore.
Berikut laporan perjalanan reporter China Town, saat mengikuti cicit “Tjoa The Hok” Supriyanto Kang. SH. MM, berziarah ke Singapore. Seusai sarapan pagi, reporter China Town berangkat dari People’s Park Center ke Crematorium dan Colombarium yang terletak di Mandai Road dengan mengunakan taxi, jarak dari kota Singapore ke Mandai Road memakan waktu setengah jam lebih. Crematorium dan Colombarium di Mandai merupakan tempat khusus penyimpanan abu jenazah yang telah dikremasikan secara umum, sebab sulitnya tempat pemakaman di Singapora, maka banyak warga Tionghoa yang meninggal di Singapore dikremasikan.

Crematorium dan Colombarium adalah tempat penyimpanan abu jenazah Tjoa Ho Siang (anak pertama The Hok) dari istri pertamanya, sedangkan abu jenazah Tjoa The Hok disemayamkan di Seng Siang Society of The Thong Kheng Charitable Institution di Geylang 29, No. 14 Singapure. sebelum Tjoa The Hok beserta keturunannya dimakamkan di Ngee Ann (UPPBR) Bukit Timah Road berdampingan.

Lokasi yang dikunjungi yaitu tempat Tjoa Hok Siang di Floor 409 No. E4-09, Setiap lantai terdapat 12 ruangan, masing-masing ruangan terdapat 40 tempat penyimpanan abu jenazah, terdiri dari kanan dan kiri. Columbarium terdiri dari blok A sampai K.

Untuk mencapai lokasi Mandai dari People’s Park dengan taxi diperkirakan memakan biaya 22 dolar Singapura, namun untuk pulang ke Kota Singapore dari Mandai sangat susah untuk mendapatkan taxi, karena mandai berada diluar kota Singapore. Hingga China Town mesti berjalan kaki sejauh 5 kilometer untuk mendapatkan bus kota, pada umumnya warga Singapura berziarah membawa kendaraan pribadi.

Sedangkan tempat semayam abu The Hok di Seng Siang Society Of The Thong Kheng Charitable Institution, Lorong Geylang 29 No. 14, Singapore. Yang masih dalam kota Singapore (Romy)