Sabtu, 24 Maret 2012

Umat Khonghucu Jambi Rayakan Sejit Hian Thian Siang Tee (玄天上帝 )

JAMBI – Ribuan umat Khonghucu Jambi Sabtu (24/3) membanjiri Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Klenteng Hok Seng Tong untuk ikut merayakan Haul (sejit) shen ming Hian Thian Siang Tee (玄天上帝 ) yang berlokasi di RT. 23 Kelurahan Lebakbandung, Kecamatan Jelutung.

Klenteng Hok Seng Tong  termasuk salah satu Klenteng yang cukup tua usianya di Kota Jambi, Klenteng tersebut didirikan pada tahun 1946 dengan ukuran dalam ruangan 12 X 8 meter dan direnovasi pada tahun 1986.
Mengingat jasa para suci shen ming Hian Thian Siang Tee (玄天上帝 ) yang berkharisma serta telah banyak membantu berbagai lapisan masyarakat, maka tidak heran di setiap perayaan ulang tahun dan kho khun warga tionghoa yang memeluk kepercayaan Khonghucu akan membanjiri Klenteng-Klenteng diseluruh tanah air.

Di dalam ulang tahun shen ming Hian Thian Siang Tee (玄天上帝 ) kali ini tergolong khusus karena akan dikunjungi puluhan tamu dari Penang (Malaysia), Jakarta dan Sematera Selatan. Ujar Darman Wijaya, “Ini hari di klenteng kita mendapatkan kehormatan, lantaran dihadiri para pengurus perkumpulan suku Hokkian (Ankhue/Anxi 安溪) dari Penang (Malaysia, Jakarta dan Palembang” ujar Darman disela istirahat senbahyang. (romy)