Selasa, 17 April 2012

Anxi Johor Sambangi Hokkian Anxi Jambi

JAMBI - Perkumpulan Hokkian Ankhue (Anxi) dari negara Jiran Malaysia, Senin (16/4) siang, pukul 13.30 tiba di Jambi dengan pesawat Lion Air, kedatangan rombongan yang berjumlah dua belas ke Jambi sebagai balasan atas kunjungan pengurus Perkumpulan Aneka Kesejahteraan (Anke) Jambi ke Malaysia, para tamu Perkumpulan Ankhue disambut oleh para sesepuh suku Hokkian (Ankhue) di bandara Sultan Thaha Jambi. Dari Bandara Sultan Tha Jambi, rombongan perkumpulan Hokkian Anxi Johor dijamu makan siang, seusai makan siang rombongan diantar ke hotel Novita Jambi untuk istrirahat.

Kunjungan tamu perkumpulan Hokkian Anxi 安溪 (ankhue) Jambi, kali ini sebagai belasan atas kunjungan pengurus perkumpulan Hokkian Anxi 安溪 (ankhue) Jambi ke Penang dan Johor (Malaysia) beberapa waktu lalu, beberapa waktu lalu dari Hokkian Anxi Penang (Malaysia) berkunjungi ke Jambi, untuk bersilaturahmi dengan perkumpulan Hokkian (ankhue) di Jambi. Selain bersilaturahmi dengan warga suku Hokkian Ankhue (Anxi 安溪), mereka juga menyempatkan diri melihat kota Jambi dari dekat dan mengunjungi beberapa klenteng sebagai objek wisata religi, diantaranya, Makin klenteng Seng To Kiong di Jalan Baru Lingkar Tumur, selanjutnya mengunjungi Makin Hok Sin Tong di kawasan Lebakbandung, Makin Hok Kheng Tong di kawasan Koni IV. klenteng Cheng Hong Lao di kawasan Budiman dan klenteng Siu San Teng di kampung Manggis.

Dalam kesempatan tersebut, rombongan Hokkian Ankhue dari negara Jiran (Malaysia) sangat kagum dengan asitektur klenteng di Jambi, juga pernak pernik yang terdapat di dalam klenteng, menurut mereka bentuk bangunan klenteng di Jambi sama dengan di negara mereka Johor (malaysia), hanya dibagian dalam klenteng ada beberapa ornamen yang berbeda. Seusai melakukan sembahyang rombongan dijamu makan siang di rumah makan aneka rasa, sebelum rombongan juga mengunjungi tempat pemakaman masyararkat di TPU Bumi Langgeng yang terletak di Kecamatan Pondok Meja, Kabupaten Muarojambi, kilometer 12 dari Kota Jambi, mereka Sambangi markas pengkumpulan Aneka Kesejahteraan (ANKE) Jambi di Jalan Untung Suropati, Kelurahan Jelutung, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi.

Ternyata di markas Hokian Ankhue Jambi, telah menunggu, para sesepuh Aneka Kesejehteraan (ANKE) Jambi, seperti, Syukur Laman, Lim Yong Siang, Oh Hok Tong, Andreas, Dikatakan oleh mantan ketua pengkumpulan Aneka Kesejahteraan (ANKE) Jambi, Wang Chun Hui (Darman Wijaya), “Ini merupakan kunjungan balasan dari perkumpulan Hokkian Ankhue Johor, karena beberapa waktu lalu kita ada kunjungi mereka di Johor.” ujar Darman Wijaya. Sebelum rombongan kembali ke negara mereka, para tamu perkumpulan Hokkian Ankhue Jambi di jamu makan di restoran Victoria yang beralamat di Jalan HMO. Bafadhal, Kelurahan Cempaka Putih, Kecamatan Jelutung. (Romy)