Jumat, 18 Mei 2012

Umat Khonghucu Peringati Kelahiran Fu Xi

JAMBI, KOMPAS.com - Sekitar 500 umat Khonghucu di Jambi memperingati Sejit Shenming Hok Hie Tee Shien atau hari kelahiran Fu Xi, di Klenteng Sai Che Tien Kota Jambi, Rabu (16/5/2012). Fu Xi diyakini sebagai nabi pertama peletak dasar ajaran agama ini.

Umat berdatangan sejak pagi untuk bersembahyang. Menjelang siang, seluruh umat berkumpul di halaman samping klenteng untuk makan bersama. Peringatan itu diakhiri sejumlah acara hiburan.

Rohaniawan Tertinggi Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia, Xs Tjandra Muljadi, menjelaskan, Fu Xi sebagai nabi pertama yang mengajarkan manusia untuk lembut hati dan tekun bekerja.

Ajaran ini dia berikan pada 5.000 tahun sebelum Masehi. Saat itu, kondisi masyarakat di daratan Tiongkok saling memperebutkan kepentingan masing-masing dan menjatuhkan satu sama lain.

"Ajaran yang dibawa Fu Xi menjadi cikal bakal tumbuhnya keyakinan Rujiao atau Jikaw, yang berlanjut pada ajaran Konfusius, dan kini menjadi agama Konghucu," ujar Muljadi.

Peringatan ini dihadiri Ketua Umum Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) Wawan Wiratma, Kepala Bidang Bimbing an Masyarakat Khonghucu Kementrian Agama Dra. Hj. Emma Nurmawati, MM anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Jambi, dan ratusan umat setempat.

http://regional.kompas.com/read/2012/05/16/18224883/