Selasa, 28 Agustus 2012

Situs Candi Muarojambi Dikunjungi Dubes AS

JAMBI - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Scot Marciel, Selasa (28/8-2012) pagi mengunjungi Situs Muarojambi yang berlokasi di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, dapat ditempuh sekitar satu jam.

Candi Muarojambi tidak dapat dipisahkan dari kedekatannya dengan Sungai Batanghari. Selain jaraknya yang semakin dekat melalui jembatan Batanghari II, lebih kurang 35 menit dari Kota Jambi, selain itu untuk menuju Candi Muarojambi juga dapat melalui jalur sungai Batanghari.

Kunjungan Dubes AS, Scot Marciel ke Candi Muarojambi mendapatkan pengawalan ketat dari pihak Polres Muarojambi, bahkan disetiap sudut candi di jaga oleh beberapa petugas Polres Muarojambi.
Kehadiran Dubes AS, Scot Marciel disambut oleh Kepala Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jambi, Winston, Kadis Parawisata Jambi, Didy Wurjanto serta pengurus The SOMT. Tidak ketinggalan dalam pejambutan Dubes AS, Scot Marciel untuk Indonesia, ke Candi Muarojambi yaitu pendiri The Society of Muaro Jambi Temple (The SOMT), pengusaha kopi AAA Jambi, Hidayat.
Scot Marciel sangat terkesan dan langsung menelusuri setiap bangunan candi yang ada di tempat tersebut. "Dia (Scot Marciel) berhenti di candi Tinggi dan Candi Gumpung, lalu mengamati candi tersebut. Setelah beberapa saat ia menyatakan bahwa candi tersebut sungguh luar biasa indahnya (dalam bahasa Inggris yang diterjemahkan)," ujarnya.

Sebelum Dubes AS meninggalkan kawasan Candi Muarojambi, Scot Marciel menyempatkan diri melepaskan burung ke habitan aslinya. (Romy)