Minggu, 31 Maret 2013

Keturunan The Hok Ziarah Ke Makam Leluhur Di Jambi

JAMBI, ayojambi.com - Sebagai anak wajib berbakti kepada orangtua maupun leluhur, baik dimasa orangtua masih hidup diatas dunia maupun mereka telah meninggalkan, karena tanpanya orangtua kita, maka mustahil kita bisa terlahir di alam semesta ini.
Seperti keturunan Tjoa The Hok “蔡大福” dari generasi ke empat dan lima sengaja datang dari jauh untuk melakukan ziarah (ceng beng) di makam kekak buyut dan leluhur mereka yang dimakamkan di Jambi, keturunan The Hok (anak, cucu dan cicit Tjoa Ho Siang) yang datang dari Surabaya (Jatim), Jakarta dan Jambi mereka ziarah ke makam nenek moyangnya di Pemakaman Masyarakat Umum (TPU) Tionghoa, kilometer 7.5, Jalan Kapten Pattimura, Kelurahan Rawasari, Kecamatan Kotabaru. Keturunan The Hok datang ke Jambi bersama istri dan anak, kedatangan mereka ke Jambi adalah untuk melakukan ziarah makam (ceng meng/qingming) ke makam kakek dan nenek mereka bernama Tjua Ie Seng yang tidak lain adalah cucu Tjoa Tai Hok (The Hok) “蔡大福”.
Sedangkan makam ibunda Tjua Ie Seng (istri kedua dari Tjoa Ho Siang) makamnya tidak begitu jauh dari Makam Tjoa Ie Seng.

Sebagaimana diketahui, abu jenazah Tjoa The Hok “蔡大福” semayam di rumah abu di Seng Siang Society Of The Thong Kheng Charitable Institution, Lorong Geylang 29 No. 14, Singapore. Sedangkan abu jenazah Tjoa Ho Siang (anak pertama The Hok) disemayamkan di Mandai Colombarium, Mandai Road Singapure.

Kisah The Hok:
Bagi yang pernah ke Jambi, tentu mengenal sebuah kawasan yang bernama “THE HOK”,  dahulu kawasan tersebut merupakan sebuah kawasan perkebunan karet, pemilik kebun karet itu adalah almarhum Tjoa The Hok “Tai Hok / 蔡大福”. Lokasi kebun karet itu diperkirakan mulai dari simpang Jelutung sampai ke arah Pall Merah Lama. Selain itu ada juga kelurahan diberi nama “The Hok” yang diresmikan pmerintah kota Jambi menjadi kelurahan pada tahun 1981. Berdasarkan Undang-Undang No. 56 tahun 1979 dan Peraturan Daerah saat itu. Luasnya Kelurahan The Hok sekitar 660 Hektar. Wilayah Jambi Selatan meliputi beberapa Kelurahan,yakni Kelurahan The Hok, Kelurahan Tambak Sari, Kelurahan Pakuan Baru dan Kelurahan Wijayapura. Sedangkan Kelurahan The Hok terletak di daerah Kebun Handil.

Disamping itu keluarga besar Tjua The Hok, mengharapkan Pemerintah Kota Jambi agar dapat memberi dukungan untuk membangun tugu atau semacam monumen sebagai tanda bahwa nama The Hok memang sudah tidak asing lagi bagi warga kota Jambi. Nama ini sudah melekat di hati masyarakat Jambi dan juga telah menjadi salah satu kelurahan di Kota Jambi yakni Kelurahan “THE HOK”. (Romy)

Link:
http://ayojambi.com
http://informasi-mediakita.blogspot.com/
http://tradisi-jambi.blogspot.com/
http://media-fotografers.blogspot.com/