Senin, 20 Mei 2013

China Segera Bangun Gedung 202 Lantai Dalam Waktu 7 Bulan

BEIJING, KOMPAS.com — Perusahaan konstruksi Broad Sustainable Construction (BSC), yang dikenal sebagai pembangun gedung 30 lantai hanya dalam 15 hari, kembali akan menjalankan proyek kontroversial.
Kali ini, BSC sudah mendapatkan lampu hijau dari Pemerintah China untuk membangun gedung tertinggi di dunia yang akan disebut Sky City. Gedung setinggi 838 meter itu akan dibangun di ladang kosong di kota Changsa, China.

Mengapa BSC memilih ladang kosong di Changsa untuk membangun gedung yang 10 meter lebih tinggi dari Burj Khalifa di Dubai itu? Menurut BSC, membangun di ladang kosong merupakan bagian dari skema pembangunan berkelanjutan untuk mengakomodasi populasi manusia yang terus bertambah.

Menurut BSC, konsep Sky City ini akan mengurangi penggunaan lahan per kapita dan mengurangi emisi karbon dioksida yang dihasilkan dari hilir mudiknya manusia. Untuk mewujudkannya, BSC tidak main-main.

Untuk mengurangi pergerakan manusia, gedung ini nantinya menyediakan 92 elevator untuk mencapai ke-202 lantainya. Selain itu, terdapat jalan landai sepanjang hampir 15 kilometer dari lantai pertama hingga lantai 179.

Gedung ini nantinya juga menyediakan 56 sarana olahraga, misalnya basket, tenis, dan renang. Tersedia juga teater dan hampir 87.000 meter persegi pertanian organik.

Fasilitas lainnya juga mencengangkan. Gedung ini akan dilengkapi 4.450 apartemen berbagai ukuran, 250 kamar hotel, dan lebih dari 9.000 meter persegi lahan untuk sekolah, rumah sakit, dan perkantoran.

Secara total, gedung ini menyediakan lahan seluas lebih dari 11 juta meter persegi. Uniknya, gedung ini hanya menempati 10 persen lahan pembangunan. Sisanya akan dijadikan lahan terbuka hijau.

BSC akan memulai proses pembangunan Sky City pada Juni 2013 dan direncanakan rencana ambisius ini akan selesai dalam waktu tujuh bulan. Kita tunggu saja.

http://internasional.kompas.com/read/2013/05/20/1700415/* Manfaatkan Waktu dan Kesempatan Untuk Belajar
*www.ayojambi.com