Kamis, 13 Juni 2013

Menyambut Menteri Hukum dan HAM RI beserta Kapolda Jambi

JAMBI, ayojambi.com - Tari Sekapur Sirih merupakan tarian selamat datang kepada tamu-tamu besar di Provinsi Jambi yang terkenal di malaysia sebagai tarian wajib kepada tamu besar.
Kedatangan Menteri Hukum dan HAM RI Amir Syamsudin, SH, MH beserta Ibu Evy Amir Syamsudin.

Selain itu, Tarian Sekapur Sirih juga menyambut kedatangan Kapolda Jambi Brigjen Pol. Drs Satriya Hari Prasetya, SH beserta Ibu Tri Martini P Satriya Hari Prasetya di Bandara Sultan Thaha Jambi.


Keagungan dalam gerak yang lembut dan halus menyatu dengan iringan musik serta syair yang ditujukan bagi para tamu. Menyambut dengan hati yang putih muka yang jernih menunjukkan keramahtamahan bagi tetamu yang dihormati.

Tari ini menggambarkan ungkapan rasa putih hati masyarakat dalam menyambut tamu. Sekapur Sirih biasanya ditarikan oleh 9 orang penari perempuan, dan 3 orang penari laki-laki, 1 orang yang bertugas membawa payung dan 2 orang pengawal. Propetri yang digunakan: cerano/wadah yang berisikan lembaran daun sirih, payung, keris. Pakaian: baju kurung /adat Jambi, iringan musik langgam melayu dengan alat musik yang terdiri dari : biola, gambus, akordion, rebana, gong dan gendang. (Romy)
* Kamera Rusak Datang Saja Ke AYEN Service Kamera