Sabtu, 20 Juli 2013

Komplek Percandian Muarojambi Semakin Populer

JAMBI - Dari hari ke hari, tampaknya Candi Muarojambi semakin banyak dikunjungi wisatawan yang datang secara berombongan maupun individu mengunjungi Desa Muara Jambi, Kecamatan Marosebo, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi.
Jika jalan-jalan ke Jambi, rasanya rugi bila tidak mengunjungi situs kepurbakalaan di Kabupaten Muarojambi. Tempat peninggalan purbakala terluas di Indonesia. Situs kepurbakalaan Muarojambi membentang dari barat ke timur. Panjangnya mencapai 7,5 km di Tepian Sungai Batanghari, bahkan luasnya candi mencapai 12 kilometer persegi, yang sebagian besar masih berupa gundukan tanah

Baru-baru ini, situs Muarojambi mendapatkan kunjungan dari rombongan Perempuan Khonghucu (PERKHIN) yang dibawah naungan Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN), mereka sengaja datang ke Candi Muarojambi setelah mendampingi mantan Ibu Negara Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid berbuka puasa di kelenteng Makin Hok Sin Tong Jambi, rasanya kurang pas jika ke Jambi tidak menyempatkan diri untuk mampir ke Candi Muaro Jambi. “Rasanya kurang lengkap jika ke Jambi tidak mampir ke Situs Purbakala terbesar di Sumatera”  ujar ketua Perkhin Matakin, Gianti.


Candi Muarojambi berupakan objek wisata favorit bagi warga kota Jambi di masa libur Lebaran maupun hari-hari besar, wisatawan bisa mengunakan jasa becak maupun menyewa sepeda untuk mengeliling komplek Candi Muarojambi komplek Candi Muarojambi diantaranya Candi Kembarbatu, Candi Gedong, Candi Gumpung, Candi Tinggi, Candi Kota Mahligai, Candi Astano dan Candi Kedaton.

Situs Muaro Jambi tidak dapat dipisahkan dari kedekatannya dengan Sungai Batanghari. Selain jaraknya yang dekat, hanya 500 meter dari sungai, pengembangan wisata pada situs ini rasanya memang akan semakin menjanjikan apabila aksesnya melalui jalur air.

Selama ini, wisatawan lokal menjangkau percandian melalui jalur darat, dari pusat Kota Jambi menuju situs purbakala yang berlokasi di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, dapat ditempuh sekitar setengah jam. (Romy)