Kamis, 18 Juli 2013

Sukses KKL Arkeologi UI Di Candi Muarojambi

DEPOK - Universitas Indonesia (UI) mengadakan syukuran atas pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Arkeologi Universitas Indonesia (UI) yang diikuti 43 mahasiswa dan dosen pembimbing Fakultas Ilmu Budaya beberapa waktu lalu di kawasan Percandian Muarojambi.
Dalam sambutannya, Dekan FIB-UI, Guru Besar Arkeologi Universitas Indonesia (UI) foto  Prof Agus Aris Munandar, menyatakan acara yang ditujukan untuk membekali para mahasiswa kemampuan untuk melakukan penelitian langsung di lapangan tersebut telah berlangsung sukses, bahkan juga ditemukan adanya bukti-bukti keberadaan peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Kawasan tersebut.
"Kami menemukan sisa-sisa peninggalan Kerajaan Sriwijaya serta petirtaan berupa sumur di kawasan Candi Kedaton." kata Prof. Agus.

Dalam acara syukuran tersebut selain dihadiri oleh segenap peserta didik dan tenaga pengajar di FIB-UI, juga dihadiri Bapak Hidayat, Tokoh Masyarakat Pencinta Candi Muarojambi, yang didaulat sebagai “Bapak Angkat” oleh para mahasiswa peserta KKL di Muaro Jambi, karena beliau (Hidayat) yang memfasilitasi kegiatan mahasiswa selama KKL di Candi Muarojambi.
Pak Hidayat yang didaulat untuk menyampaikan sambutannya menyatakan, masyarakat Muarojambi khususnya, dan Masyarakat Jambi pada umumnya sangat senang dan mendukung kegiatan Kuliah Kerja Lapangan tersebut, karena dapat memberikan bukti-bukti nyata secara ilmiah tentang peran kawasan Percandian Muarojambi tersebut terhadap Kebudayaan Indonesia, bahkan Kebudayaan Dunia, di jaman dulu.
Pak Hidayat juga menyampaikan harapan Masyarakat Jambi agar Penelitian tersebut dapat mendukung program kerja Pemprov Jambi dalam mengajukan Kawasan Percandian Muaro Jambi tersebut menjadi kawasan Peninggalan Budaya Dunia atau World Heritage, sehingga dapat menjadikan kawasan tersebut sebagai daerah tujuan wisata dunia yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Jambi.

Selain syukuran, para petinggi Universitas Indonesia (UI) melakukan penanaman pohon Bodhi di halaman FIB-UI  dan pelepasan 8 ekor kura-kura ke danau dikawasan UI, selanjutnya doa bersama dan ramah tamah di auditorium Fakultas Ilmu Budaya, Depok (Jawa Barat). (Romy)
* http://ayen-servicekamera.blogspot.com/