Kamis, 29 Agustus 2013

Makin Seng Too Kheng Merayakan Sejit Fuat Cu Kong

JAMBI – Lebih dari seribu umat Khonghucu Jambi mengikuti prosesi Ulang Tahun Tio Kong Seng Khun yang lebih dikenal dengan nama Fuat Cu Kong, mereka rela datang, walaupun mereka harus menumpang kendaraan teman maupun dengan mengunakan jasa tukang ojek.
Pada hal letak kelenteng Makin Seng Too Kheng yang diresmikan pada tahun 2008 lalu jauh dari kota, perbatasan Kota Jambi dengan Kabupaten Muaro Jambi dan lokasi tersebut juga sepi dari pemukiman warga, namun sebuah niat yang terkandung dalam hati, walaupun jauh dan sepi, tidak menjadikan penghalang bagi umat untuk melakukan sembahyang. Kelenteng Majelis Agama Khonghucu (MAKIN) Seng Too Kheng terletak di Jalan Lingkar Timur II, Rt. 03, Kelurahan Talangbakung, Kecamatan Jambi Selatan, kota Jambi.

Prosesi upacara hari ulang tahun Tio Kong Seng Khun (Fuat Cu Kong) dan Kho Khun dipimpin langsung oleh rohaniwan The Lien Teng dari Matakin Provinsi Jambi, dimulai sejak pukul 09.00 berakhir pukul 13.30 dan dilanjutkan dengan jamuan makan bersama.

Perayaan hari jadi shenming Tio Kong Seng Khun (Fuat Cu Kong) boleh cukup ramai, bahkan yang hadir bukan umat biasa, lantaran ketua kelenteng adalah tokoh terpandang di Jambi, yakni Tanoto Kusuma (Tan Wan Kheng) pemilik Hotel Novita di Jambi.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) Darman Wijaya, beserta wakil MATAKIN, Alex Sujanto, Ketua Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN), Darmadi Tekun, Pengurus MAKIN Leng Chun Kheng, Lim Yong Siang, Ketua Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Lam Po Tong Chu Harto dan tampak hadir juga tokoh-tokoh masyarakat Jambi, diantaranya Ramli (Lie Tiong Lam), Ketua Hok Liong Sai, Herman Suprapto (Chen He Siang), Pengusaha Dok Kapal, Robin, Pengusaha Super Market, Andreas (Ong Seng Tek). (Romy)
* http://ayen-servicekamera.blogspot.com/