Sabtu, 26 April 2014

Para Ahli FIB UI Mengunjungi Situs Muarojambi

JAMBI, ayojambi.com – Seusai mengunjungi Universitas Jambi (UNJA),
18 pakar pendidikan dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) dipimpin oleh DR. Adrianus L.G. Waworuntu (Dekan FIB UI) mengunjungi Situs terbesar di kawasan Asia, situs ini lebih kurang berjarak 40 kilometer dan dapat ditempuh melalui jalan darat atau sungai dengan waktu tempuh sekitar satu jam. 
Para ahli Arkeologi dari Universitas Indonesia (FIB UI) mengunjungi Situs Muarojambi di Desa Muara Jambi, Kecamatan Marosebo, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi.

Dimana tahun 2013 lalu, puluhan mahasiswa Arkeologi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) melakukan penelitian di Candi Kedaton, salah satu candi yang berada dalam kompleks Muaro Jambi, telah menemukan bukti bahwa kompleks percandian Muaro Jambi merupakan pusat pembelajaran agama Budha di masa lalu, paling tidak di wilayah Asia Tenggara.

Dengan ditemukan dan dimulainya penelitian tentang kekayaan situs kepurbakalaan Muaro Jambi oleh para Arkeolog dari FIB UI, mendorong Universitas Jambi (UNJA) sebagai institusi pendidikan tinggi terkemuka di Jambi menjalin kerjasama dengan FIB UI untuk membuka Program Studi Arkeologi di UNJA.

Kompleks Percandian Muara Jambi merupakan percandian peninggalan agama Buddha terluas di Indonesia, dengan luas sekitar 12 kilometer persegi. Candi yang dipercaya sebagai peninggalan budaya abad XI ini pertama kali ditemukan tentara Inggris sekitar 1820. (Romy)
* www.ayojambi.com/