Jumat, 12 September 2014

Ratusan Umat Khonghucu Merayakan Shejit Kun Ce Tua Lang Kong

JAMBI, ayojambi.com – Sayup-sayup terdengar suara orang yang tengah membaca mantera (berdoa), hidung tercium bau aroma wewangian dari hio (gaharu) diiringi pancaran sinar lilin-lilin dalam ruangan tempat beribadah umat Khonghucu di Kelenteng MAKIN Lam Po Tong yang berlokasi di Jalan Perdana Raya (belakang kantor DPRD Kota Jambi) Rt. 33, No. 19, Kelurahan Paal V, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi [Lihat Gambar: Ratusan Umat Khonghucu Merayakan Shejit Kun Ce Tua Lang Kong].
Sejak Kamis pagi, 11 September 2014 (pwe gwe cap pwe) ratusan masyarakat berbaur dengan umat Khonghucu mendatangi Kelenteng Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Lam Po Tong yang beralamat di Jalan Perdana Raya. Ratusan umat Khonghucu maupun umat dari agama lain datang untuk mengikuti malam hiburan karaoke dalam rangka memperingati sembahyang perayaan Shejit “Kun Che Tua Lang Kong.” Yang jatuh pada tanggal 12 September 2014, kedatangan mereka untuk memberikan hormat atas sejitnya shin beng Kun Che Tua Lang Kong.

Umat Khonghucu Jambi memperingati ulang tahun Kun Che Tua Lang Kong sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur mereka, ini merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap umat Khonghucu terhadap leluhur mereka. Berbagai cara dan jenis ritual yang digelar umat Khonghucu, tetapi tetap memiliki satu tujuan, yaitu untuk menghormati para suci shinming serta leluhur mereka.

Tak kalah seru adalah atraksi tusuk2an benda tanjam di pipi oleh 10 orang Khitong (Tatung) yang kerasukan roh para suci shen ming (roh Dewa) serta pukulan bola paku di pinggang sampai berdarah-darah.

Sepertinya sembahyang Shejit “Kun Che Tua Lang Kong” dan Kho Kun yang digelar oleh kelenteng MAKIN Lam Po Tong kali ini dihadiri pengurus Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) Provinsi Jambi dan Kota serta perwakilan dari Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) se-kota Jambi, diantaranya Wakil ketua Matakin Kota Jambi, Huwanda Desswandhy, Pengurus Kelenteng Hok Kheng Tong Jambi, Berlianta Eliamsya (Lie Tjin Hai) selain itu tampak hadir para pengurus Makin Leng Chung Keng, pengurus Makin Leng San Keng Kabupaten Tanjab Barat dan Ketua Ketua Perempuan Khonghucu (PERKHIN) Provinsi Jambi.

Ujar Chu Harto, ketua Makin Lam Po Tong, bahwa pihaknya memang sengaja menggelar dua acara sekaligus, agar momen tersebut benar-benar dapat dimanfaatkan sebaik-baniknya untuk umat Khonghucu berdoa dan memohon keselamatan dan perlindungan dari sin beng maupun para leluhur. “Kepada shin ming, kita memohon keselamatan dari berbagai bencana sedangkan kepada leluhur merupakan tanda penghormatan kita,” katanya diselah istirahat sembahyang. (Romy-Yuliawati)